KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS VII

PRATIWI, AGNES, B2B013009 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS VII. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_AGNES.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_AGNES.pdf

Download (676kB) | Preview
[img] Text
BAB III_AGNES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (882kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV_AGNES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (774kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V _AGNES.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_AGNES.pdf

Download (625kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adalah kemampuan pemecahan masalah peserta didik rendah karena kesulitan peserta didik dalam mengerjakan soal pemecahan masalah pada materi bangun datar. Selain itu motivasi dan tanggung jawab belajar peserta didik dalam pembelajaran masih rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran tipe Team Assisted Individualization dengan pendekatan Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran tipe Team Assisted Individualization dengan pendekatan Problem Based Learning efektif dengan kriteria : kemampuan pemecahan masalah dapat mencapai ketuntasan, terdapat pengaruh motivasi dan tanggung jawab belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik, terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang menggunakan model pembelajaran tipe Team Assisted Individualization dengan pendekatan Problem Based Learning dengan model pembelajaran Ekspositori, dan terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah setelah menggunakan model pembelajaran tipe Team Assisted Individualization dengan pendekatan Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan populasi seluruh peserta didik kelas VII pada SMP N 2 Ngadirejo Tahun Ajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, observasi, angket, dan tes evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 78,28 dan ketuntasan secara klasikal sebesar 80,55%. Selain itu uji pengaruh menunjukkan adanya pengaruh motivasi dan tanggung jawab belajar sebesar 84,4%. Hasil uji beda menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata kelas eksperimen adalah 78,28 sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 68,90. Hasil uji peningkatan pada kelas eksperimen terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah dengan nilai gainscore 0,618 kategori sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran tipe Team Assisted Individualization dengan pendekatan Problem Based Learning terhadap peningkatan kemampuan pemecahan madalah pada materi bangun datar efektif. Kata Kunci : Team Assisted Individualization, Problem Based Learning, kemampuan pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Call Number: 07/Matematika/X/2017
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > S1 Mathematics
Depositing User: perpus unimus
Date Deposited: 17 Jan 2018 06:46
Last Modified: 19 Feb 2018 04:30
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/1393

Actions (login required)

View Item View Item