HARYANTI, FITA, I2A011007 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI SISTEM KOORDINAT KELAS VIII. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Semarang" not defined].
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (321kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1 terbaru.pdf Download (488kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (537kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV BARU.pdf Restricted to Repository staff only Download (740kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (552kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan yang ada dalam penelitian ini yaitu peserta didik belum dapat memahami konsep dasar setiap permasalahan soal sehingga kesulitan menghadapi soal matematis hal tersebut berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik, motivasi peserta didik untuk belajar matematika masih rendah sehingga mempengaruhi pemahaman konsep siswa, keaktifan interaksi peserta didik di dalam kelas belum merata karena setiap guru bertanya hanya sedikit siswa yang menjawab. Selain itu Penggunaan model pembelajaran yang masih kurang tepat dalam menyampaikan pokok bahasan materi akan berpengaruh pada prestasi belajar. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Course Review Horay dengan pendekatan konstruktivisme. Tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui bahwa penerapan model pembelajaran Course Review Horay dengan pendekatan konstruktivisme efektif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan populasi seluruh peserta didik kelas VIII pada SMP Negeri 4 Magelang tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive Sample. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, observasi, angket, dan tes evaluasi. Uji yang digunakan untuk mengukur tingkat keefektifan yaitu uji validitas, uji homogenitas, uji ketuntasan, uji pengaruh dan uji beda rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik yang mencapai ketuntasan secara klasikal sebesar 83,3% dengan kriteria ketuntasan individual yang ditetapkan sebesar 77. Hasil uji pengaruh menunjukan adanya pengaruh motivasi dan keaktifan peserta didik terhadap kemampuan pemahamn konsep sebesar 98,1%. Hasil uji beda juga menunjukan bahwa terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemahaman konsep peserta didik antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Course Review Horay dengan pendekatan konstruktivisme dan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Rata-rata kelas eksperimen adalah 82,709, sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 64,125. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay dengan pendekatan konstruktivisme terhadap kemampuan pemahaman konsep pada materi sistem koordinat efektif. Model ini dapat diterapkan pada materi sistem koordinat atau materi lain untuk mengasah kemampuan pemahaman konsep peserta didik. Kata Kunci: Course Review Horay, Konstruktivisme, Pemahaman Konsep
Item Type: | Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) ) |
---|---|
Call Number: | 08/MATEMATIKA/X/2017 |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Mathematics Faculty of Education and Humanities > S1 Mathematics |
Depositing User: | perpus unimus |
URI: | http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/1408 |
Actions (login required)
View Item |