EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CHANGE OF PAIRS BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MATERI LOGIKA MATEMATIKA KELAS XI

Fitriyadi, Puput, B2B013001 (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CHANGE OF PAIRS BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MATERI LOGIKA MATEMATIKA KELAS XI. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (561kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (896kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (674kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (407kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitupeserta didikmengalami kesulitan dalam memahami materi logika matematika sehingga pemahaman konsep peserta didik yang rendah dikarenakan peserta didik belum mampu mengungkapkan kembali materi yang telah disampaikan. Selain itu motivasi dan kejujuran peserta didik juga rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut yaitu menerapkan model pembelajaran Change Of Pairs Berbasis Pendidikan Karakter.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Change of Pairs Berbasis Pendidikan Karakter Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh peserta didik kelas XI MAN Rembang 2016/2017. Teknik pengambilan sampling menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel terdiri dari kelas XI IPA 2 sebagai kelas uji coba, kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen.Teknik analisis data untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Change of Pairs Berbasis Pendidikan Karakter dengan menggunakan uji ketuntasan, uji pengaruh, dan uji beda rata-rata. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, dokumentasi, observasi, angket dan tes evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1)kemampuan pemahaman konsep mencapai KKM dengan nilai rata – rata 84,6429 dan persentase ketuntasan sudah melebihi 80% yaitu 82,1429% atau 23 dari 28 peserta didik sudah mencapai ketuntasan kemampuan pemahaman konsep. (2)pengaruh motivasi dan kejujuranpeserta didik terhadap kemampuan pemahaman konsep sebesar 81%. (3)terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Change Of Pairs Berbasis Pendidikan Karakter dengan nilai rata-rata 84,6429 dan kelas yang menggunakan model pembelajaran ekspositoridengan nilai rata-rata 70,0729. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Change Of Pairs Berbasis Pendidikan Karakter terhadap kemampuan pemahaman konsep pada materi logika matematika kelas XI efektif. Berdasarkan penelitian diharapkan model ini dapat diterapkan pada materi logika atau materi lain sebagai variasi dan inovasi baru dalam pembelajaran serta sarana dalam menumbuhkan motivasi, kejujuran dan pemahaman konsep pada peserta didik. Kata Kunci: Change Of Pair, Pendidikan Karakter, Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Call Number: 13/MATEMATIKA/X/2017
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > S1 Mathematics
Depositing User: perpus unimus
Date Deposited: 22 Jan 2018 08:04
Last Modified: 08 Feb 2018 06:56
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/1452

Actions (login required)

View Item View Item