PENGARUH PERILAKU BELAJAR, PREFERENSI GAYA BELAJAR, KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN INTELEKTUAL, DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI DIKOTA SEMARANG

SUGIARTI, SITI, E2B012007 (2016) PENGARUH PERILAKU BELAJAR, PREFERENSI GAYA BELAJAR, KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN INTELEKTUAL, DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI DIKOTA SEMARANG. Skripsi.

[img]
Preview
Text
FULL TEKS 1.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh perilaku belajar, preferensi gaya belajar, kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, dan kecerdasan spiritual terhadap pemahaman akuntansi secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan data primer. Penelitian ini termasuk penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Akuntansi angkatan tahun 2013 dan 2012 pada Universitas Katolik Soegijapranata, Universitas Semarang, Universitas Negeri Semarang, Universitas Stikubank, dan Universitas Muhammadiyah Semarang, dengan jumlah sampel 95 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regressi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial perilaku belajar berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, preferensi gaya belajar berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, kecerdasan spiritual berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, kecerdasan intelektual berpengaruh positif terhadap pemahaman akuntansi dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dan kecerdasan spiritual berpengaruh negatif terhadap pemahaman akuntansi dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Secara simultan perilaku belajar, preferensi gaya belajar, kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, dan kecerdasan spiritual berpengaruh positif terhadap pemahaman akuntansi dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kata kunci: perilaku belajar, preferensi gaya belajar, kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual, dan pemahaman akuntansi.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economics > S1 Accounting
Depositing User: Users 1 not found.
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/151

Actions (login required)

View Item View Item