Muntaha, Mirza, NIM.I2A011011 (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI BERBASIS PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII”. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_UNIMUS" not defined].
|
Text
sekripsi matematika.pdf Download (12MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan dan minat siswa terhadap materi bangun ruang sisi datar, sehingga menyebabkan rendahnya pemahaman atau penalaran siswa terhadap materi, selain itu komunikasi siswa pun mengalami stagnan (tidak ada perkembangan ) atau bahkan penurunan. Oleh karena itu, upaya yang dilakukan untuk meningkatkannya yaitu menggunakan model pembelajaran demonstrasi berbasis project based learning. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui kemampuan penalaran dan komunikasi matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran demonstrasi berbasis project based learning dapat mencapai ketuntasan, 2) adanya pengaruh antara minat dan keaktifan terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematika siswa, 3) mengetahui sejauh mana kemampuan penalaran dan komunikasi siswa yang menggunakan model demonstrasi berbasis project based learning lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen, populasi seluruh siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 2 Comal. Sampel terdiri dari kelas VIII A (kelas eksperimen), kelas VIII B (kelas kontrol), dan kelas VIII C (kelas ujicoba). Variabel bebasnya yaitu keaktifan dan minat siswa terhadap matematika, sedangkan variabel terikatnya yaitu kemampuan penalaran dan komunikasi matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu wawancara, tes evaluasi kemampuan penalaran dan komunikasi, angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan model pembelajaran demonstrasi berbasis project based learning mencapai ketuntasan 96%, lebih dari 80% dengan kriteria ketuntasan minimal 76. Hasil uji pengaruh menunjukkan adanya pengaruh antara keaktifan terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi sebesar 83%, pengaruh minat terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi sebesar 71,4%, dan pengaruh kedua-duanya yaitu minat dan keaktifan terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi sebesar 86,7%. Hasil uji banding juga menunjukkan bahwa kemampuan penalaran dan komunikasi matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran demonstrasi berbasis project based learning lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan ketiga indikator tersebut, maka penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran efektif. Hasil ini diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam mengembangkan model pembelajaran yang mengacu pada pembelajaran konsep, namun tidak semua materi dapat digunakan dengan model ini. Kata Kunci: Model Pembelajaran Demonstrasi, Problem Based Learning, Kemampuan Penalaran dan Komunikasi
Item Type: | Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) ) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Mathematics Faculty of Education and Humanities > S1 Mathematics |
Depositing User: | Users 1 not found. |
Date Deposited: | 02 Feb 2017 03:09 |
Last Modified: | 02 May 2017 03:14 |
URI: | http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/190 |
Actions (login required)
View Item |