PERFORMA PRAGMATIK DAN LINGKUNGAN KEBAHASAAN ANAK KEMBAR BATITA

Ocktarani, Yesika Maya, Ock (2016) PERFORMA PRAGMATIK DAN LINGKUNGAN KEBAHASAAN ANAK KEMBAR BATITA. Prosiding Konferensi Bahasa dan Sastra 1.

[img]
Preview
Text
ProKBS_2016_yesica.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pragmatik merupakan cabang ilmu bahasa yang dapat dijadikan sebagai tolok ukur untuk melihat kompetensi anak dalam berbahasa, khususnya melihat kemampuan mereka „menggunakan bahasa‟ berdasarkan konteks. Kemampuan anak dalam mengenali dunianya didukung oleh adanya language exposure dari lingkungannya. Melalui riset ini, digambarkan bagaimana anak kembar batita memiliki performa pragmatik yang secara spesifik mengarah pada penguasaan Tindak Tutur Direktif (TTD) dan Giliran Berbicara (Turn Taking), serta bagaimana lingkungan anak tersebut memengaruhi kemampuan mereka dalam berbahasa.Dengan menggunakan metode observasi langsung, penelitian kualitatif ini menggunakan data berupa tuturan anak saat berinteraksi di sekitar rumahnya. Tuturan yang dihasilkan, bersifat natural disertai elisitasi berupa beberapa jenis permainan. Data sekunder berupa informasi dari pengasuh, menjadi gambaran bagaimana lingkungan kebahasaan anak berkontribusi pada kemampuan bahasanya. Hasilnya menunjukkan bahwa anak mampu menunjukkan performanya dalam mempersepsi maupun memproduksi TTD. Bentuk TTD tidak hanya yang berupa tuturan eksplisit namun juga implisit. Pada kemampuan mengambil giliran berbicara, anak kembar masih belum sepenuhnya menguasai. Anak batita sering kali diam pada saat seharusnya berbicara, kecuali jika dalalm kondisi tertentu yang membuat anak fokus pada lawan bicara dan topik yang dibicarakan. Kemampuan anak kembar batita terhadap TTD dan giliran berbicara ini, juga sama dengan anak seusianya yang tidak kembar. Perbedaannya hanya pada kuantitas bicara yang relatif lebih sedikit dibandingkan dengan anak yang tidak kembar. Dari segi lingkungan kebahasaan, anak kembar mendapat pengalaman berbahasa dari ibunya yang bekerja di rumah serta interaksi dengan teman sebaya di lingkungannya. Kata kunci: pemerolehan bahasa,pragmatik, anak kembar batita, lingkungan kebahasaan.

Item Type: Article
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Faculty of Education and Humanities
Depositing User: Users 1 not found.
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/203

Actions (login required)

View Item View Item