ANALISIS PENGARUH DAN POSITIONING PERMODALAN, RENTABILITAS, DAN LIKUIDITAS TERHADAP PERTUMBUHAN LABA (Studi kasus Pada 20 Bank Umum Di Indonesia)

SAIFULLAH, AHMAD DARDAI, E2A014039 (2017) ANALISIS PENGARUH DAN POSITIONING PERMODALAN, RENTABILITAS, DAN LIKUIDITAS TERHADAP PERTUMBUHAN LABA (Studi kasus Pada 20 Bank Umum Di Indonesia). Sarjana (S1/D4) thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ROA, CAR, LDR, dan BOPO terhadap Pertumbuhan Laba pada Bank Umum tahun 2011-2015. Data dalam penelitian ini diperoleh dari Laporan Keuangan Publikasi dari website masing-masing Bank Umum Tahun 2011-2015. Sampel sebanyak 20 bank umum yang tercatat dalam Bursa Efek Indonesia dengan periode 2011-2015 yang diambil melalui purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda dan uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t. yang sebelumnya telah dilakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel CAR dan LDR berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan laba. Sedangkan variabel ROA berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap pertumbuuhan laba dan BOPO berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pertumbuhan laba. Dan variabel yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap pertumbuhan laba adalah variabel LDR. Dari penelitian ini diperoleh nilai adjusted R2 sebesar 0,687, hal tersebut berarti bahwa 68,7% variable dependen yaitu pertumbuhan laba dapat dijelaskan oleh variabel independennya yaitu ROA, CAR, LDR, dan BOPO dan sisanya yaitu sebesar 32,3% dijelaskan oleh variable-variabel yang lain diluar persamaan. Analisis Positing menggambarkan bahwa pada Cluster-1 ini berisikan bank yang mempunyai CAR, ROA , LDR dan Pertumbuhan Laba melebihi dari rata-rata populasi bank dan BOPO kurang dari rata-rata populasi bank yang diteliti. Dan Cluster-2 ini berisikan bank yang yang mempunyai CAR, ROA , LDR dan Pertumbuhan Laba kurang dari rata-rata dan BOPO lebih dari rata-rata populasi bank yang diteliti. Kata Kunci : ROA, CAR, LDR, BOPO, Pertumbuhan Laba dan Positioning.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1/D4))
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economics > S1 Management
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2017 07:31
Last Modified: 30 Aug 2017 07:02
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/215

Actions (login required)

View Item View Item