Afifah, Kunnti, B2C014015 (2018) IMPLEMENTASI MODEL LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI KOLOID. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Semarang" not defined].
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (839kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (878kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (610kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (637kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (401kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (409kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci : learning cycle 5E, keterampilan proses sains, koloid. Keberhasilan dalam proses pembelajaran siswa dapat dilihat berdasarkan pada tiga aspek yang terdapat pada keterampilan proses sains yaitu aspek kognitif, aspek psikomotorik, dan aspek afektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran kimia dengan model learning cycle 5E dan mengetahui peningkatan keterampilan proses sains yang paling baik ditampilkan siswa dala pembelajaran. Penelitian yang digunakan adalah penelitian non equivalent (pretest-postest control group design). Objek penelitian ini adalah keterampilan proses sains siswa dengan Sembilan indicator keterampilan yang diamati, yaitu : keterampilan berkomunikasi, keterampilan menerapkan konsep, keterampilan menggunakan alat dan bahan, keterampilan meramalkan, keterampilan mengamati, keterampilan menginterpretasi data, keterampilan merencanakan perobaan, keterampilan menyusun hipotesis, dan keterampilan mengajukan pertanyaan. Teknik pengampilan smpel mengggunakan random sampling. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji T dan taraf signifikan 5%. Sebelum dilakukan uji prasyarat yaitu uji nomalitas dan uji homogenitas. Dari analisis uji hipotesis menunjukkan nilai sig . (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,04 < 0,05. Artinya, terdapat perbedaan signifikan penggunaan model learning cycle 5E terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi koloid. Hasil penelitin menunjukkan bahwa model learning cycle 5E dapat diterapkan dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) ) |
---|---|
Call Number: | 011/Kimia/X/2018 |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 School of Chemistry |
Depositing User: | perpus unimus |
URI: | http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/2213 |
Actions (login required)
View Item |