HUBUNGAN ANTARA JENIS KELAMIN BAYI PADA KEHAMILAN DENGAN KEJADIAN KANDIDIASIS VULVOVAGINALIS (KVV) PADA IBU HAMIL DI RSUD KOTA SEMARANG

Nissa, Miftakhun, H2A011029 (2015) HUBUNGAN ANTARA JENIS KELAMIN BAYI PADA KEHAMILAN DENGAN KEJADIAN KANDIDIASIS VULVOVAGINALIS (KVV) PADA IBU HAMIL DI RSUD KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, UNIMUS.

[img] Text
Miftakhun Nisa..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang : Kandidiasis sering terjadi pada wanita usia reproduktif, sekitar 75% wanita reproduktif pernah menderita kandidiasis semasa hidupnya. Faktor risiko kandidiasis vulvovaginalis (KVV) diantaranya adalah kehamilan. Pada saat kehamilan, estrogen yang berlebih pada saat hamil dapat menurunkan kemampuan sel epitel vagina untuk menghambat pertumbuhan Candida albicans sehingga kandidiasis sering terjadi pada wanita yang sedang hamil. Tujuan penelitian : Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan apakah terdapat hubungan antara jenis kelaminbayi pada kehamilan dengan kejadian kandidiasis vulvovaginalis pada ibu hamil. Metode penelitian : Jenis penelitian ini adalah analitik dengan pendekatan case-control, dimana kelompok kasus adalah penderita dengan KVV dan kelompok kontrol adalah penderita dengan diagnosis bukan KVV. Data yang dikumpulkan menggunakan data sekunder dari catatan medik (CM) di RSUD Kota Semarang. Selanjutnya dianalisa hubungan usia dan jenis kelamin bayi pada kehamilan dengan kejadia KVV pada ibu hamil. Hasil penelitian : Diteliti 50 sampel penderita vaginitis dengan 25 sampel KVV (+) dan 25 sampel KVV (-) sebagai kelompok kontrol. Hasil analisis dengan uji Chi-square person didapatkan hubungan positif antara jenis kelamin bayi pada kehamilan dengan kejadian kandidiasis vulvovaginalis (KVV) pada ibu hamil dengan odd ratio-nya adalah 3,188 yang berarti kelompok ibu hamil dengan dengan jenis kelamin bayi perempuan memiliki risiko untuk menderita kandidiasis 3,188 kali lebih besar dibandingkan ibu hamil dengan jenis kelamin bayi laki-laki. Kesimpulan : Terdapat hubungan antara jenis kelamin bayi pada kehamilan dengan kejadian kandidiasis vulvovaginalis (KVV) pada ibu hamil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Call Number: 24/KTI/2015
Subjects: R Medicine > RL Dermatology
Divisions: Faculty of Medical > S1 Medical
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2017 01:09
Last Modified: 30 Jan 2018 02:15
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/223

Actions (login required)

View Item View Item