FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELELAHAN KERJA PADA TENAGA KERJA BONGKAR MUAT (TKBM) DI PELABUHAN TANJUNG EMAS SEMARANG(Studi Pada Pekerja TKBM Bagian Unit Pengantongan Pupuk)

Medianto, Dwi, A2A012019 (2017) FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELELAHAN KERJA PADA TENAGA KERJA BONGKAR MUAT (TKBM) DI PELABUHAN TANJUNG EMAS SEMARANG(Studi Pada Pekerja TKBM Bagian Unit Pengantongan Pupuk). Undergraduate thesis, Muhammadiyah University of Semarang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL1.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Kelelahan adalah masalah yang harus mendapat perhatian khusus dalam semua jenis pekerjaan baik formal dan informal. Kelelahan kerja dapat menurunkan kinerja dan menambah kesalahan pada pekerja saat melakukan pekerjaan. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan pada 18 responden shift pagi dan sore didapatkan hasil responden mengalami kelelahan sebanyak 7 orang (38,8%) dan tidak mengalami kelelahan sebanyak 11 orang (61.2%). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan usia, masa kerja, status gizi, shift kerja dengan kelelahan kerja pada Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Jenis penelitian : Penelitian observasi analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi pekerja bongkar muat sebanyak 90 orang, besar sampel sebanyak 48 orang, uji statistik digunakan uji Chi square dan uji fisher’s exact. Data identitas responden, usia, masa kerja dikumpulkan dengan cara wawancara. Data kelelahan kerja diukur dengan menggunakan Reaction Timer dan status gizi diukur dengan indeks masa tubuh (IMT) dengan mengukur berat badan dan tinggi badan. Hasil Penelitian : Responden yang mempunyai usia tidak beresiko kelelahan kerja (<30 tahun) sebanyak (22,9%), masa kerja tidak beresiko kelelahan kerja (<8 tahun) sebanyak (41,7%), status gizi normal sebanyak (47,9%), shift kerja pagi sebanyak (50,0%) dan pekerja dengan kelelahan kerja ringan dan sedang (58,3%). Kesimpulan : Ada hubungan yang bermakna usia (p=0,000) dan masa kerja (p=0,029) dengan kelelahan kerja. Tidak ada hubungan status gizi (p=0,880) dan shift kerja (p=0,242) dengan kelelahan kerja. Kata kunci: usia, masa kerja, shift kerja, kelelahan kerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Faculty of Public Health > S1 Public Health
Depositing User: perpus unimus
Date Deposited: 03 Apr 2017 04:37
Last Modified: 26 Apr 2017 07:10
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/239

Actions (login required)

View Item View Item