GAMBARAN UPAYA PELAYANAN KESEHATAN KERJA PADA BIDANG USAHA SEKTOR FORMAL DI KOTA TEGAL

FERAWATI, NOUR BAETI, A2A216097 (2018) GAMBARAN UPAYA PELAYANAN KESEHATAN KERJA PADA BIDANG USAHA SEKTOR FORMAL DI KOTA TEGAL. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Semarang" not defined].

[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
24. ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (525kB) | Preview
[img] Text
14. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text
15. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (789kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
16. BAB V. KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (453kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Pelayanan kesehatan kerja karyawan di sebuah perusahaan sangat penting artinya untuk kesehatan dan keselamatan karyawan, tingginya faktor resiko Kecelakaan Akibat Kerja, Penyakit Akibat Kerja dan Penyakit Akibat Hubungan Kerja yang di temukan di perusahaan. Tujuan: Mengetahui gambaran upaya pelayanan kesehatan kerja pada Bidang Usaha sektor formal di Kota Tegal. Metode: Jenis penelitian deskriptif dengan faktor sebab akibat, pelaksanaan observasional, pendekatan Cross Sektional. Populasinya bidang usaha sektor formal dengan, karyawan lebih dari 100 orang (13 perusahaan). Sampel penelitian adalah perusahaan yang memiliki klinik/dokter/petugas kesehatan khusus/petugas K3, ada 3 yaitu; Perusahaan A, dan C. Variabel penelitian 9, yaitu: Standar, Institusi, Jenis, Kompetensi petugas, Peralatan, Prosedur operasional, Mekanisme kerja, Indikator dan Kerjasama/jejaring pelayanan kesehatan kerja. Hasil: dari wawancara dan observasi; Standar pelayanan kesehatan kerja (2 perusahaan belum memenuhi ketentuan), Institusi pelayanan kesehatan kerja (3 perusahaan sudah memenuhi ketentuan), Jenis pelayanan kesehatan kerja (1 perusahaan belum memenuhi ketentuan), Kompetensi petugas kesehatan kerja (3 perusahaan belum memenuhi ketentuan), Standar peralatan (3 perusahaan belum memenuhi ketentuan), Prosedur operasional (2 perusahaan belum memenuhi ketentuan), Mekanisme kerja pelayanan kesehatan kerja (3 perusahaan sudah memenuhi ketentuan), Indikator kesehatan kerja (3 perusahaan belum memenuhi ketentuan), Kerjasama/jejaring pelayanan kesehatan kerja(3perusahaan sudah memenuhi ketentuan). Simpulan: Pelayanan kesehatan kerja pada Bidang Usaha sektor Formal di Kota Tegal masih ada yang belum memenuhi ketentuan. Kata Kunci: Pelayanan kesehatan kerja penting artinya bagi kesehatan dan keselamatan karyawan yang dampaknya pada produktifitas perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Call Number: 020/S1FKM/VII/2018
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Faculty of Public Health > S1 Public Health
Depositing User: perpus unimus
Date Deposited: 16 Jan 2019 07:32
Last Modified: 16 Jan 2019 07:32
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/2421

Actions (login required)

View Item View Item