Putri, Berliana Aisya, A2A216046 (2018) ANALISIS MANAJEMEN BENCANA KEBAKARAN DI PUSAT PERBELANJAAN X SEMARANG. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Semarang" not defined].
|
Text
Manuscript.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (478kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (515kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (731kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (893kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (478kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (595kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang : Kebakaran merupakan kejadian dari adanya api yang tidak terkontrol. Segitiga Api yakni bahan yang mudah terbakar, oksigen dan panas. Pusat perbelanjaan merupakan salah satu tempat yang banyak dikunjungi oleh masyarakat sehingga dalam aspek keselamatan dan kenyamanan perlu diperhatikan. Observasi awal di pusat perbelanjaan X terdapat toko elektronik yang menggunakan listrik apabila tidak ada pengawasan dapat menimbulkan konsleting litrik yang akan mengakibatkan kebakaran apabila tidak dikelola dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengetahuan, sikap pekerja dalam menghadapi kebakaran, pengorganisasian keadaan darurat, prosedur, sarana dan prasarana kebakaran. Metode: Jenis penelitian ini bersifat deskriptif menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah 207 pekerja, dengan sampel yang digunakan 68 pekerja. Instrumen menggunakan kuesioner, lembar checklist. Hasil: pengetahuan kurang baik sebanyak 70,6%, sikap negatif sebanyak 66,2%, prosedur keadaan darurat bencana kategori baik 100%, pengorganisasian keadaan darurat dari 7 lantai, 2 lantai 28,6% dalam kategori kurang baik dan 5 lantai 71,4% kategori baik, Sarana dan prasarana dari 7 lantai, 2 lantai 28,6% kategori kurang baik dan 5 lantai 71,4% dalam kategori baik. Simpulan: Pengetahuan tim penanggulangan kebakaran yang kategori kurang baik sebanyak 70,6%. Sikap negatif sebanyak 66,2% dan sikap positifnya 33,8%. Prosedur keadaan darurat disetiap lantai dengan kategori baik 100%. Pengorganisasian darurat bencana kategori baik terdapat 5 lantai 71,4% dan prosedur dengan katagori kurang baik terdapat 2 lantai (28,6%). Sarana dan prasarana kategori baik terdapat 5 lantai (71,4%) dan prosedur dengan katagori kurang baik terdapat 2 lantai 28,6%. Kata Kunci : Kebakaran, Manajemen, Pusat Perbelanjaan
Item Type: | Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) ) |
---|---|
Call Number: | 086/S1FKM/I/2019 |
Contributors Thesis: | 1. Dr Yuliani Setyaningsih, SKM, M.Kes 2. Diki Bima Prasetio, SKM, MPH |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Faculty of Public Health > S1 Public Health |
Depositing User: | perpus unimus |
URI: | http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/2554 |
Actions (login required)
View Item |