HUBUNGAN GEJALA POSITIF-NEGATIF GANGGUAN SKIZOFRENIA PADA ANAK REMAJA DENGAN TINGKAT DEPRESI PADA ORANGTUA PENDERITA DI RSJD DR. AMINO GONDOHUTOMO PROVINSI JAWA TENGAH

Prabowo, Btari Tisa Anindya Kirana, H2A013033 (2017) HUBUNGAN GEJALA POSITIF-NEGATIF GANGGUAN SKIZOFRENIA PADA ANAK REMAJA DENGAN TINGKAT DEPRESI PADA ORANGTUA PENDERITA DI RSJD DR. AMINO GONDOHUTOMO PROVINSI JAWA TENGAH. Undergraduate thesis, UNIMUS.

[img] Text
Skripsi Btari Tisa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Depresi merupakan gangguan alam perasaan yang dapat ditandai dengan keadaan seperti murung, sedih, tidak berdaya, merasa bersalah, dan merasa berdosa yang seringkali muncul tanpa disadari oleh individu tersebut. Individu yang memiliki anak dengan skizofrenia dapat menjadi prediktor terjadinya depresi. Skizofrenia merupakan gangguan yang bersifat kronis dan dapat kambuh sehingga dalam merawat pasien dapat menimbulkan beban dalam diri orangtua. Beban yang dirasakan tersebut akan mengakibatkan konsekuensi negatif terhadap keadaan fisik, emosi, serta ekonomi mereka. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan gejala positif-negatif gangguan skizofrenia pada anak remaja dengan tingkat depresi pada orangtua penderita. Metode: Penelitian cross sectional dengan sampel orangtua yang memiliki anak remaja skizofrenia yang dirawat inap di RSJD Dr. Amino Gondohutomo Semarang sebanyak 35 orang dengan teknik sampling total sampling. Tingkat depresi diukur mengguankan kuesioner BDI (Beck Depression Inventory) dan dianalisis menggunakan uji chi-square. Hasil: Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara gejala positif-negatif gangguan skizofrenia pada anak remaja dengan tingkat depresi pada orang tua dengan p-value = 0,565 (>0,05). Simpulan: Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara gejala positif-negatif gangguan skizofrenia pada anak remaja dengan tingkat depresi pada orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Call Number: 05/KTI/2017
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0321 Neuroscience. Biological psychiatry. Neuropsychiatry
Divisions: Faculty of Medical > S1 Medical
Depositing User: perpus unimus
Date Deposited: 02 May 2017 02:57
Last Modified: 07 Feb 2018 01:12
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/262

Actions (login required)

View Item View Item