HUBUNGAN FREKUENSI KONSUMSI FAST FOOD, AKTIVITAS FISIK DAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DENGAN KEJADIAN GIZI LEBIH PADA ANAK SD

ANINDYAWATI, DITA DYAH, A2A214003 (2016) HUBUNGAN FREKUENSI KONSUMSI FAST FOOD, AKTIVITAS FISIK DAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DENGAN KEJADIAN GIZI LEBIH PADA ANAK SD. Undergraduate thesis, UNIMUS.

[img]
Preview
Text
FULL TEXT fix.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang : Salah satu kelompok umur yang berisiko terjadinya gizi lebih maupun obesitas adalah kelompok usia anak sekolah. Gizi lebih maupun obesitas menjadi salah satu faktor dimana terjadinya beberapa penyakit tertentu yang terkadang berakibat fatal dan serius bila tidak segera ditanggulangi secara dini. Kasus gizi lebih pada anak dikarenakan anak makan terlalu berlebihan terlebih jika mengkonsumsi makanan fast food dan terlalu sedikit bergerak atau kurangnya aktivitas fisik yang dilakukan dalam sehari-harinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan frekuensi konsumsi fast food, aktivitas fisik dan tingkat pendidikan orang tua dengan kejadian gizi lebih pada anak SD. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan desain cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa SDN 04 Sendangmulyo kelas 4 dan kelas 5 dan pengambilan sampel dilakukan dengan metode proporsional random sampling yaitu berjumlah 98 orang. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis statistik Chi Square. Hasil: Hasil analisis statistik diperoleh bahwa 50,0% mengkonsumsi fast food dengan frekuensi sering maupun jarang, 66,3% melakukan aktivitas fisik ringan, 72,4% berpendidikan tinggi (Diploma, S1, S2) dan 78,6% mengalami gizi lebih dan obesitas. Simpulan: Ada hubungan antara frekuensi konsumsi fast food, aktivitas fisk dan tingkat pendidikan orang tua dengan nilai p value 0.027, 0.000, dan 0.000. Berdasarkan hasil analisis statistik tersebut maka diharapkan institusi sekolah dapat memberikan himbauan kepada siswa ataupun orang tua agar dapat lebih memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi setiap hari supaya anak mendapatkan nutrisi yang seimbang. Kata kunci: Frekuensi konsumsi fast food, aktivitas fisik, tingkat pendidikan orang tua, gizi lebih pada anak SD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Faculty of Public Health > S1 Public Health
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 11 Oct 2016 07:49
Last Modified: 26 Apr 2017 04:54
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/27

Actions (login required)

View Item View Item