PENGARUH MUTU PELAYANAN KESEHATAN BPJS TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI KLINIK PENYAKIT DALAM RSUD SUNAN KALIJAGA DEMAK TAHUN 2015

Purnamasari, Wijayanti Indah, H2A012011 (2016) PENGARUH MUTU PELAYANAN KESEHATAN BPJS TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI KLINIK PENYAKIT DALAM RSUD SUNAN KALIJAGA DEMAK TAHUN 2015. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_UNIMUS" not defined].

[img] Text
Skripsi Wijayanti Indah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Tujuan jaminan kesehatan secara umum yaitu mempermudah masyarakat untuk mengakses pelayanan kesehatan yang bermutu. Penerapan jaminan kesehatan nasional dibawah BPJS kesehatan yang dinilai merupakan tonggak awal dimulainya perubahan layanan kesehatan, justru pandangan pasien terhadap pelayanan BPJS masih kurang baik, yang masih mengeluhkan pelayanan rumah sakit. Keluhan tersebut antara lain terkait dengan pelayanan administrasi, perawat, dokter, sarana dan prasarana, uang muka, obat, biaya, dan layanan rumah sakit lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh mutu pelayanan kesehatan BPJS terhadap kepuasan pasien di Klinik Penyakit Dalam RSUD Sunan Kalijaga Demak periode Mei - Oktober 2015. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian survey deskriptif analitik dengan desain cross sectional yang dianalisis dengan uji statistik korelasi spearman’s rank (Rho) dengan tingkat kemaknaan 95% yang meliputi analisis univariat, bivariat terhadap variabel mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 285 orang. Hasil: Hasil analisis bivariat dari 285 orang, pengaruh mutu pelayanan kesehatan BPJS terhadap kepuasan pasien didapatkan nilai p = 0,000, dan r = 0,214. Karena nilai p < 0,05 maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh bermakna antara mutu pelayanan kesehatan BPJS terhadap kepuasan pasien. Pada uji kekuatan hubungan didapatkan 0,214 maka dikatakan hubungan lemah (0,200 – 0,399), sehingga dapat disimpulkan bahwa mutu pelayanan kesehatan BPJS terhadap kepuasan pasien mempunyai hubungan bermakna dengan kekuatan hubungannya positif lemah. Kesimpulan: Ada Pengaruh antara mutu pelayanan kesehatan BPJS dengan kepuasan pasien di Klinik Penyakit Dalam RSUD Sunan Kalijaga Demak.

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Call Number: 026/KTI/2016
Contributors Thesis: 1. dr. Aisyah Lahdji, MM, MMR 2. dr. M. Riza Setiawan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medical > S1 Medical
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/285

Actions (login required)

View Item View Item