Noviansyah, Ariep, G1C217121 (2018) ANALISIS KEPUASAN PASIEN LABORATORIUM PUSKESMAS SUNGAI RANGIT KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT PROVINSI KALIMANTAN TENGAH DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA). Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Semarang" not defined].
|
Text
MANUSCRIPT.pdf Download (645kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (403kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (535kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (738kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (696kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (873kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (409kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (486kB) | Preview |
Abstract
Lima dimensi kualitas pelayanan yang merupakan kunci utama untuk menigkatkan kepuasan masyarakat, yaitu: tangible (bukti fisik), reliability (kehandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan emphaty (empati). Untuk meningkatkan kepuasan masyarakat dan mutu pelayanan optimal pada Puskesmas, maka diperlukan kegiataan yang dapat menentukan diagnosa penyakit secara pasti, salah satunya adalah pelayanan laboratorium yang bermutu. Survei kepuasan tentang Laboratorium Puskesmas Sungai Rangit yang telah dilakukan pada periode Maret 2017 hanya sebatas mengetahui apakah petugas laboratorium melayani dengan ramah atau tidak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan Laboratorium Puskesmas Sungai Rangit dengan menggunakan metode Importance Performance Analisys (IPA). Jenis penelitian ini digolongkan pada penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pasien Laboratorium Puskesmas Sungai Rangit Kabupaten Kotawaringin Barat. Penentuan ukuran sampel dalam penelitian ini menggunakan rumas Slovin dengan ukuran sampel sebanyak 73 orang responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode puposive sampling. Kepuasan pasien diperoleh dengan cara membandingkan antara harapan pasien dengan kinerja pelayanan Laboratorium Puskesmas Sungai Rangit. Hasil penelitian kualitas pelayanan yang selama ini diberikan oleh Laboratroium Puskesmas Sungai Rangit telah dirasa memuaskan oleh pasien dengan indeks kualitas pelayanan sebesar 63,43 dan tingkat kesesuaian sebesar 92,10%. Perbandingan antara harapan pasien dan kinerja atau kualitas pelayanan Laboratorium Puskesmas Sungai Rangit yaitu 3,4435:3,1715 yang berarti harapan lebih besar dari pada kualitas pelayanan. Kata Kunci: Harapan, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien.
Item Type: | Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) ) |
---|---|
Call Number: | 070/D4.ana/I/2019 |
Contributors Thesis: | 1. Dr. Budi Santosa, M.Si.Med 2. Umi Amalia, SE, M.Kom |
Subjects: | R Medicine > Health Analyst |
Divisions: | Faculty of Nursing and Health > D4 Health Analyst |
Depositing User: | perpus unimus |
Date Deposited: | 18 Mar 2019 07:36 |
Last Modified: | 18 Mar 2019 07:36 |
URI: | http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/3085 |
Actions (login required)
View Item |