PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN PERSALINAN ANTARA PASIEN BPJS PBI DENGAN NON PBI DI RS PKU MUHAMMADIYAH KARANGANYAR

Ahmad, Thariq, H2A014046 (2018) PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN PERSALINAN ANTARA PASIEN BPJS PBI DENGAN NON PBI DI RS PKU MUHAMMADIYAH KARANGANYAR. Undergraduate thesis, UNIMUS.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (74kB) | Preview
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Tujuan jaminan kesehatan yaitu memberi perlindungan pada masyarakat agar dapat memenuhi kebutuhan kesehatan. BPJS selaku penyelenggara program JKN, dalam kepesertaannya BPJS dibagi menjadi PBI dan Non PBI. Kedua hal tersebut menjadi faktor utama yang membedakan jenis pelayanan yang diberikan kepada pasien sehingga menimbulkan perbedaan kepuasan pasien. Persalinan merupakan sektor penting dalam dunia kesehatan, karena masih banyak permasalahan dalam persalinan yang belum teratasi, salah satunya angka kematian neonatal yang ada di Karanganyar,Jawa Tengah yang masih tinggi. Tujuan dari penelitian ini untuk megetahui perbedaan tiangkat kepuasan pelayanan persalinan antara pasien BPJS PBI dengan Non PBI di RS PKU Muhammadiyah Karanganyar periode Oktober 2017 sampai dengan Januari 2018. Metode: Penelitian descriptive comparative dengan desain cross sectional. Pengambilan sampel dengan metode purposive sampling sebanyak 100 responden. Analisis univariat dilakukan untuk mengetahui karakteristik responden. Analisis bivariat menggunakan uji statistik chi-square. Pengukuran perbedaan tingkat kepuasan dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Hasil: Hasil uji bivariat menunjukkan mayoritas responden menyatakan puas terhadap pelayanan persalinan yang ditinjau dari aspek responsiveness, assurance, tangible, empathy, reliability di RS PKU Muhammadiyah Karanganyar. Hasil analisis uji chi-square didapatkan nilai p=0,067 (p>0,05) yang berarti tidak ada perbedaan tingkat kepuasan pelayanan persalinan antara pasien BPJS PBI dengan Non PBI. Kesimpulan: Tidak terdapat perbedaan tingkat kepuasan pelayanan persalinan antara pasien BPJS PBI dengan Non PBI di RS PKU Muhammadiyah Karanganyar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Call Number: 32/SKRIPSI/2018
Contributors Thesis: 1. dr. Aisyah lahdji, MM, MMR 2. dr. Merry Tiyas Anggraini, M.Kes.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medical > S1 Medical
Depositing User: perpus unimus
Date Deposited: 21 Mar 2019 03:10
Last Modified: 19 Jan 2021 01:56
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/3110

Actions (login required)

View Item View Item