POLA ASUH ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN ANAK RETARDASI MENTAL DI SEKOLAH LUAR BIASA YAYASAN WIDYA BHAKTI KOTA SEMARANG

Soleha, Ina Yatu, G2A217023 (2019) POLA ASUH ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN ANAK RETARDASI MENTAL DI SEKOLAH LUAR BIASA YAYASAN WIDYA BHAKTI KOTA SEMARANG. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Semarang" not defined].

[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang Pola asuh merupakan tanggung jawab orang tua terhadap memberikan kasih sayang, mendidik dan membimbing anak dalam membentuk keperibadian dan kemandirian. Kemandirian merupakan kebebasan individu untuk dapat menjadi orang yang berdiri sendiri, dapat membuat rencana untuk masa sekarang dan masa yang akan datang serta bebas dari pengaruh orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentang pola asuh orang tua dan kemandirian anak dengan retardasi mental di Sekolah Luar Biasa Yayasan Widya Bhakti Kota Semarang. Metode pada penelitian ini menggunakan dengan rancangan penelitian kualitatif studi kasus. Penelitian ini dilakukan dari bulan September 2018 sampai Mei 2019 di Sekolah Luar Biasa Yayasan Widya Bhakti Kota Semarang dengan jumlah 4 (empat) partisipan. Hasil Penelitian ini menghasilkan 7 (tujuh) tema yaitu 1. Interaksi anak dengan orang tua dalam sehari-hari : interaksi antar orang tua dan anak baik 2. Emosi anak dalam sehari-hari : emosi anak dalam sehari-hari dapat terkontrol 3. Kendala dalam menghadapi anak retardasi mental : satu orang tua mengatakan tidak ada kendala apapun dan ikhlas untuk mengasuh anak, dua orang tua mengatakan adanya kendala dalam keterbatasan akademik anak, satu orang tua mengatakan adanya keterbatasan gerak yang lama pada anak. 4. Cara orang tua melatih kemandirian anak retardasi mental : cara memandirikan anak yaitu dengan disuruh dengan pelan-pelan dan diberikan pujian saat anak berhasil melakukan kegiatan. 5. Interaksi anak dengan orang lain : interaksi anak kurang baik. 6. Kepuasan orang tua atas kemandirian anak : Orang tua merasa puas dengan kemandirian yang anak miliki. 7. Kemandirian yang dimiliki anak : kemandirian yang dimiliki anak antara lain mandi, makan, minum memakai dan melepas sepatu, memakai dan melepas pakaian. Kesimpulan ditemukan 7 (tujuh) tema dan pola asuh demokratis.Peneliti selanjutnya disarankan untuk melanjutkan dan menggali lebih dalam tentang pola asuh dan kemandirian anak retardasi mental. Kata kunci : Pola asuh, kemandirian, retardasi mental Pustaka : 36 (2004-2017)

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Call Number: 076/S1.Kep/XI/2019
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Nursing and Health > S1 Nursing
Depositing User: User Unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/3459

Actions (login required)

View Item View Item