HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DENGAN PERILAKU TEMPER TANTRUM ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK TARBIYATUL ATHFAL 41 SEMARANG

PARYANTI,NOVIA DWI, G2A217070 (2019) HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DENGAN PERILAKU TEMPER TANTRUM ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK TARBIYATUL ATHFAL 41 SEMARANG. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Semarang" not defined].

[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat, banyak sekali yang berpengaruh pada anak salah satunya adalah penggunaan gadget. Penggunaan gadget akan berdampak buruk terhadap pola pikir dan perilaku anak dalam kehidupan kesehariannya termasuk perkembangan sosial dan emosional anak. Masalah emosi anak usia prasekolah adalah kemarahan yang meledak-ledak disertai dengan perilaku mengamuk (temper tantrum). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perilaku penggunaan gadget dengan perilaku temper tantrum anak usia prasekolah. Penelitian ini menggunakan desain correlational study dengan pendekatan cross-sectional. Pengumpulan data dilakukan di TK Tarbiyatul Athfal 41 Semarang dengan jumlah sampel 66 responden. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrumen penelitian kuesioner. Hasil uji statistik menggunakan uji koefisien korelasi spearman. Hasil menunjukkan sebagian besar penggunaan gadget baik sebanyak 65,2% dan perilaku temper tantrum sebagian besar rendah sebanyak 54,5%. Hasil analisis bivariat dengan korelasi Spearman menunjukkan p value sebesar 0,000 (p<0,05), sehingga disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan gadget dengan perilaku temper tantrum anak usia prasekolah dengan arah hubungan negatif yaitu r = -0,482 yang berarti semakin rendah penggunaan gadget maka semakin tinggi perilaku temper tantrum di TK Tarbiyatul Athfal 41 Semarang. Anak yang dibatasi menggunakan gadget cenderung berperilaku temper tantrum. Berdasarkan hasil tersebut, saat orang tua membatasi penggunaan gadget perlu memberikan aktivitas pengalihan yang lebih aman dan menyenangkan bagi anak sehingga perilaku temper tantrum tidak terjadi. Kata kunci : gadget, perilaku temper tantrum, anak prasekolah Pustaka : 49 (2008-2019)

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Call Number: 097/s1.kep/xii/2019
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Nursing and Health > S1 Nursing
Depositing User: User Unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/3476

Actions (login required)

View Item View Item