PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS “WISATA LOKAL SEMARANG“ PADA MATERI REDOKS SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI

Ramadhan,Muhammad Dinar, B2C013008 (2019) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS “WISATA LOKAL SEMARANG“ PADA MATERI REDOKS SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI. Other thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Muhammadiyah University, Semarang" not defined].

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (805kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MANUSCRIPT.pdf

Download (695kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dinar, Muhammad. 2019. Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis “Wisata Lokal Semarang“ Pada Materi Redoks Sebagai Sumber Belajar Mandiri. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia. Universitas Muhammadiyah Semarang. Pembimbing: (I) Dr. Eny Winaryati, M.Pd (II) Dra. Yusrin, M.Pd Kata Kunci :Redoks,wisata lokal semarang, pengembangan,modul Penelitian ini didasarkan pada karakteristik peserta didik yang lebih suka belajar mandiri, kurangnya minat terhadap pembelajaran kimia dan belum mengetahui wisata lokal semarang. Padahal wisata lokal semarang tersebut dapat dikaitkan dengan materi kimia, khususnya redoks. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan modul pembelajaran kimia berbasis Wisata Lokal Semarang pada materi redoks. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik SMAN 15 Semarang yang berjumlah 3 anak dengan kriteria masing-masing peserta didik dengan tingkat pemahaman atas, menengah dan bawah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah RnD atau Research and Development dengan model 4D dari Thiagarajan. Deskripsi prototipe modul yaitu cover, pendahulan, science investigation, bingkai berita, true or false, rangkuman, evaluasi, daftar pustaka dan glosarium. Hasil uji kualitas modul yang dikembangkan pada penelitian ini berdasarkan penilaian oleh validator materi dan media yang menyatakan bahwa modul yang dikembangkan “ layak ” dengan rata-rata skor sebesar 3.1. Berdasarkan data hasil uji kelayakan pada setiap aspek penilaian modul kimia berbasis wisata lokal semarang maka dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan layak dan dapat digunakan sebagai sumber belajar peserta didik. ABSTRACT Dinar, Muhammad. 2019. Development of Chemistry Learning Module Based on "Semarang Local Tourism" on Redox Material as a Source of Independent Learning. Thesis.Chemistry Education Study Program.Muhammadiyah University of Semarang. Supervisor: (I) Dr. Eny Winaryati, M.Pd (II) Dra. Yusrin, M.Pd Keywords: Redoks, Semarang local tourism, development, modules This research is based on the characteristics of students who prefer independent learning, lack of interest in learning chemistry and do not know Semarang local tourism. Though local tourism in Semarang can be associated with chemical materials, especially redox. The purpose of this study is to produce a Semarang Local Tourism based chemistry learning module on redox material. The subjects of this study were the students of SMAN 15 Semarang, amounting to 3 children with the criteria of each student with a level of understanding of the top, middle and bottom. The method used in this research is RnD or Research and Development with the 4D model from Thiagarajan. The prototype description of the module is cover, introduction, science investigation, news frame, true or false, summary, evaluation, bibliography and glossary. The module quality test results developed in this study are based on an evaluation by the material and media validator which states that the module developed is "feasible" with an average score of 3.1. Based on the data on the results of the feasibility test on each aspect of the assessment of Semarang-based local tourism chemistry modules, it can be concluded that the modules developed are feasible and can be used as learning resources for students.

Item Type: Thesis (Other)
Call Number: 005/Pend.Kimia/I/2020
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 School of Chemistry
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/3615

Actions (login required)

View Item View Item