Utomo, Nuruddin Wahyu, G0B016023 (2019) GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN GIZI PASIEN RAWAT INAP YANG MENDAPAT MAKANAN LUNAK DI RSUD K.R.M.T WONGSONEGORO SEMARANG. Diploma III thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Univeristas Muhammadiyah Semarang" not defined].
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (919kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Download (997kB) | Preview |
|
Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (963kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Download (804kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pelayanan yang bermutu merupakan salah satu komponen penentu kepuasan pasien dirumah sakit termasuk pelayanan gizi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelayanan gizi pasien rawat inap yang mendapat makanan lunak di RSUD KRMT Wongsonegoro Semarang. Penelitian ini adalah deskriptif dibidang gizi institusi dengan pendekatan cross-sectional dengan jumlah sampel 96 responden dari pasien kelas III. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampel selama 10 hari. Data kepuasan diukur dengan skor pada kuesioner yang diberikan kepada responden. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa dari segi kepuasan ketepatan waktu, 76% menyatakan cukup, dan 24% menyatakan baik. Dari segi kepuasan penampilan makanan, 7,3% menyatakan kurang, 80,2% menyatakan cukup dan 12,5% menyatakan baik. Kepuasan rasa makanan, 21,9% menyatakan kurang. 74% menyatakan cukup dan 4,2% menyatakan baik. Kepuasan keramahan pramusaji, 75% menyatakan cukup dan 25% menyatakan baik. Kepuasan kebersihan alat makan, 86,5% menyatakan cukup dan 13,5% menyatakan baik. Berdasarkan hasil penelitian ini penampilan dan rasa makanan memiliki tingkat kepuasan kurang, sehingga perlu dilakukan modifikasi pemberian garnish supaya penampilan makanan lebih menarik dan kepatuhan standar resep supaya rasa menjadi sesuai dengan standar yang diharapkan. Rasa yang dinilai kurang dikarenakan sensoris indera pengecapan pasien yang berbeda-beda karena kondisi kesehatan yang menurun. Kata kunci : Gizi, Kepuasan, Makanan, Penampilan, Rasa.
Item Type: | Thesis (Diploma III) |
---|---|
Call Number: | 011/D3.Gizi/VII/2020 |
Subjects: | R Medicine > Nutrition |
Divisions: | Faculty of Nursing and Health > D3 Nutrition |
Depositing User: | User Unimus |
Date Deposited: | 26 Aug 2020 03:54 |
Last Modified: | 26 Aug 2020 03:54 |
URI: | http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/3791 |
Actions (login required)
View Item |