GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN GIZI PASIEN RAWAT INAP YANG MENDAPAT MAKANAN LUNAK DI RSUD K.R.M.T WONGSONEGORO SEMARANG

Utomo, Nuruddin Wahyu, G0B016023 (2019) GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN GIZI PASIEN RAWAT INAP YANG MENDAPAT MAKANAN LUNAK DI RSUD K.R.M.T WONGSONEGORO SEMARANG. Diploma III thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Univeristas Muhammadiyah Semarang" not defined].

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (919kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (997kB) | Preview
[img] Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (963kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (804kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pelayanan yang bermutu merupakan salah satu komponen penentu kepuasan pasien dirumah sakit termasuk pelayanan gizi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelayanan gizi pasien rawat inap yang mendapat makanan lunak di RSUD KRMT Wongsonegoro Semarang. Penelitian ini adalah deskriptif dibidang gizi institusi dengan pendekatan cross-sectional dengan jumlah sampel 96 responden dari pasien kelas III. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampel selama 10 hari. Data kepuasan diukur dengan skor pada kuesioner yang diberikan kepada responden. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa dari segi kepuasan ketepatan waktu, 76% menyatakan cukup, dan 24% menyatakan baik. Dari segi kepuasan penampilan makanan, 7,3% menyatakan kurang, 80,2% menyatakan cukup dan 12,5% menyatakan baik. Kepuasan rasa makanan, 21,9% menyatakan kurang. 74% menyatakan cukup dan 4,2% menyatakan baik. Kepuasan keramahan pramusaji, 75% menyatakan cukup dan 25% menyatakan baik. Kepuasan kebersihan alat makan, 86,5% menyatakan cukup dan 13,5% menyatakan baik. Berdasarkan hasil penelitian ini penampilan dan rasa makanan memiliki tingkat kepuasan kurang, sehingga perlu dilakukan modifikasi pemberian garnish supaya penampilan makanan lebih menarik dan kepatuhan standar resep supaya rasa menjadi sesuai dengan standar yang diharapkan. Rasa yang dinilai kurang dikarenakan sensoris indera pengecapan pasien yang berbeda-beda karena kondisi kesehatan yang menurun. Kata kunci : Gizi, Kepuasan, Makanan, Penampilan, Rasa.

Item Type: Thesis (Diploma III)
Call Number: 011/D3.Gizi/VII/2020
Subjects: R Medicine > Nutrition
Divisions: Faculty of Nursing and Health > D3 Nutrition
Depositing User: User Unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/3791

Actions (login required)

View Item View Item