KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK MATERI HIMPUNAN KELAS VII

WULANDARI, FITRI, B2B015010 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK MATERI HIMPUNAN KELAS VII. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Muhammadiyah University, Semarang" not defined].

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (660kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (955kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (927kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (951kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (632kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (895kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN COVER.pdf

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN KELULUSAN.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Persetujuan Pembimbing.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR KEASLIAN.pdf

Download (587kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan peserta didik yang mengalami kesulitan dalam memahami materi himpunan khususnya soal cerita operasi himpunan, karena kemampuan pemecahan masalah masih rendah. Selain itu rendahnya motivasi belajar dan keaktifan peserta didik. Salah satu upaya untuk menangani masalah tersebut yaitu peneliti menawarkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan pendekatan kontekstual dengan tujuan mengetahui ketuntasan peserta didik dalam kemampuan pemecahan masalah mengetahui pengaruh motivasi dan keaktifan peserta didik terhadap kemampuan pemecahan masalah materi himpunan menggunakan model pembelajaran TPS dengan pendekatan kontekstual dan mengetahui perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah yang diberi perlakuan dan tidak diberi perlakuan Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian dilakukan di SMP N 2 Pringapus dengan populasi peserta didik kelas VII. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling . Sampel yang digunakan yaitu kelas VII A , kelas VII B dan kelas VII C .Penelitian ini menggunakan dua variabel bebas yaitu motivasi dan keaktifan, serta variabel terikat yaitu pemecahan masalah. Uji ketuntasan yang digunakan yaitu uji regresi, uji pihak kiri. Uji yg dilakukan untuk beda rata-rata adalah uji kesamaan varian dan uji dua pihak. Hasil dari penelitian ini yaitu Kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang menggunakan model TPS dengan pendekatan kontekstual mencapai ketuntasan baik secara individual maupun klasikal. Rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik mencapai 80,00. Presentase ketuntasan peserta didik lebih dari 85% yaitu 87,097% atau sebanyak 27 peserta didik dari 31 peserta didik sudah mencapai ketuntasan kemampuan pemecahan masalah, adanya pengaruh motivasi dan keaktifan terhadap kemampuan pemecahan masalah dengan model pembelajaran TPS dengan pendekatan kontekstual sebesar 52,3%,terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah antara kelas yang menerapkan model TPS dengan pendekatan kontekstual dengan kelas yang menerapkan model pembelajaran ekspositori. Kata kunci : Think Pair Share, Motivasi,Keaktifan,Pemecahan Masalah

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Call Number: 006/P.Matematika/XI/2020
Subjects: L Education > Mathematics
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > S1 Mathematics
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/4096

Actions (login required)

View Item View Item