Sertifikat HKI 000169202 Video Pembelajaran Kolaborasi Implementasi Lesson Study Pembelajaran Kolaborasi Dosen - Guru

Winaryati,, Eny and Maharani, Endang Tri Wahyuni (2023) Sertifikat HKI 000169202 Video Pembelajaran Kolaborasi Implementasi Lesson Study Pembelajaran Kolaborasi Dosen - Guru. UNIMUS.

[img]
Preview
Text
Sertifikat HKI Video Pembelajaran Kolaborasi Implementasi Lesson Study Pembelajaran Kolaborasi Dosen - Guru.pdf

Download (773kB) | Preview

Abstract

Salah satu karakter keterampilan abad 21 yaitu: kolaborasi. Pembelajaran melalui Lesson Study menjadi pilihan. Lesson Study adalah model pembinaan (pelatihan) profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip kolegialitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar. Kegiatan implementasi Lesson Study Pembelajaran Kolaborasi Dosen-Guru ini, dilaksanakan pada Taman Kanak-Kanak ‘Aisyiyah Bustanul Atfal (TK ABA) Mranggen 1 Kabupaten Demak. Kegiatan diawali dengan penyusunan Chapter Design dan Lesson Design secara kolabrorasi antara Dosen, Guru Model dan beberapa guru. Implementasi pembelajaran di kelas oleh guru model, sementara dosen, guru lainnya dan guru magnag menjadi observer pembelajaran. Obeservati dilakukan untuk mendapatkan data perilaku yang terjadi pada peserta didik. Temuan temuan di lapangan ini dikumpulkan untuk dilakukan bentuk refleksi yang dapat diambil, pada siklus berikutnya. Tujuan video ini adalah mengetahui sejauh mana penerapan 4Cs yang terdiri dari: (1). Critical Thinking and Problem Solving; (2) Creativity and Innovation; (3) Communication; (4) Collaboration dalam pembelajaran. Dari kegiatan lesson study ini dihasilkan banyak temuan-temuan perilaku siwa yang dapat didokumentasikan, diantaranya adalah adanya anak yang memiliki bakat kusus terkait dengan bangunan, pertamanan, ketrampilan berpikir logis, dan seni. Kesimpulan dari imoplementasi leson study ini adalah: (1) Pembelajaran melalui lesson study pada siswa PAUD menjadi sangat menarik untuk diteliti, diketahui dan dikembangkan. PAUD merupakan jenjang pendidikan yang paling dasar, dan ikut menentukan perkembangannya setelah dewasa. (2) Usia PAUD merupakan Golden Age yang ikut menentukan dan berpengaruh ketika dewasa nanti. (3) Setiap perilaku siswa adalah gambaran potensi yang dapat dikembangkan.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Jabatan Fungsional > Endang Tri Wahyuni Maharani
Jabatan Fungsional > Eny Winaryati
Depositing User: perpus unimus
Date Deposited: 10 Mar 2021 02:13
Last Modified: 09 Jan 2024 03:23
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/4323

Actions (login required)

View Item View Item