NURCAHYA, AINUN FAULINA, B2A016022 (2020) PERBANDINGAN METODE ARIMAX DAN VARIMAX UNTUK PERAMALAN JUMLAH PENUMPANG KERETA API MENURUT WILAYAH. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Muhammadiyah University, Semarang" not defined].
|
Text
COVER.pdf Download (441kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (490kB) | Preview |
|
|
Text
PENGESAHAN KELULUSAN.pdf Download (512kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (393kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (702kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (860kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (541kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (745kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (610kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (533kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (801kB) | Request a copy |
||
|
Text
MANUSCRIPT.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kereta api merupakan salah satu transportasi yang cukup digemari saat ini. Peningkatan penumpang kereta api menyebabkan terjadinya penumpukan penumpang di stasiun kereta api. Untuk itu peramalan jumlah penumpang kereta api sangatlah penting dilakukan, sehingga PT. KAI dapat mencegah terjadinya penumpukan penumpang seperti penambahan armada. Peramalan dilakukan dengan membandingkan beberapa metode, sehingga mendapatkan hasil yang lebih akurat. Metode yang digunakan yaitu metode ARIMAX (Autoregressive Integreted Moving Average with Exogenous Variabel) dan VARIMAX (Vector Autoregressive Integreted Moving Average with Exogenous Variabel). Metode ARIMAX digunakan karena pada data penumpang kereta api terdapat efek variasi kalender sehingga penambahan variabel exogenous diharapkan dapat memberikan model yang lebih baik dah hasil peramalan yang lebih akurat. Kemudian metode VARIMAX digunakan karena pada data jumlah penumpang kereta api terdapat unsur wilayah kereta api sehingga bentuk datanya adalah data multivariat dengan penambahan variabel exogenous apabila terjadi outlier pada residual model VARIMA, penelitian ini menghasilkan model terbaik yaitu VARX (1,0,0). Perbandingan model VARIMAX lebih baik daripada model ARIMAX karena memiliki AIC yang lebih kecil yaitu 34.56593 < 2385.503333 dan hasil dari peramalan yang lebih akurat adalah metode ARIMAX karena mmemiliki MAPE yang lebih kecil yaitu 7.950093 < 8.056626. Kata Kunci : ARIMAX, Forcesting, Penumpang Kereta Api, VARIMAX
Item Type: | Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) ) |
---|---|
Call Number: | 015/Statisti/X/2020 |
Subjects: | L Education > Statistics |
Divisions: | Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Statistics |
Depositing User: | perpus unimus |
URI: | http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/4333 |
Actions (login required)
View Item |