PERBANDINGAN METODE ARIMAX DAN VARIMAX UNTUK PERAMALAN JUMLAH PENUMPANG KERETA API MENURUT WILAYAH

NURCAHYA, AINUN FAULINA, B2A016022 (2020) PERBANDINGAN METODE ARIMAX DAN VARIMAX UNTUK PERAMALAN JUMLAH PENUMPANG KERETA API MENURUT WILAYAH. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Muhammadiyah University, Semarang" not defined].

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN KELULUSAN.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (702kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (860kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (745kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (533kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (801kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
MANUSCRIPT.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kereta api merupakan salah satu transportasi yang cukup digemari saat ini. Peningkatan penumpang kereta api menyebabkan terjadinya penumpukan penumpang di stasiun kereta api. Untuk itu peramalan jumlah penumpang kereta api sangatlah penting dilakukan, sehingga PT. KAI dapat mencegah terjadinya penumpukan penumpang seperti penambahan armada. Peramalan dilakukan dengan membandingkan beberapa metode, sehingga mendapatkan hasil yang lebih akurat. Metode yang digunakan yaitu metode ARIMAX (Autoregressive Integreted Moving Average with Exogenous Variabel) dan VARIMAX (Vector Autoregressive Integreted Moving Average with Exogenous Variabel). Metode ARIMAX digunakan karena pada data penumpang kereta api terdapat efek variasi kalender sehingga penambahan variabel exogenous diharapkan dapat memberikan model yang lebih baik dah hasil peramalan yang lebih akurat. Kemudian metode VARIMAX digunakan karena pada data jumlah penumpang kereta api terdapat unsur wilayah kereta api sehingga bentuk datanya adalah data multivariat dengan penambahan variabel exogenous apabila terjadi outlier pada residual model VARIMA, penelitian ini menghasilkan model terbaik yaitu VARX (1,0,0). Perbandingan model VARIMAX lebih baik daripada model ARIMAX karena memiliki AIC yang lebih kecil yaitu 34.56593 < 2385.503333 dan hasil dari peramalan yang lebih akurat adalah metode ARIMAX karena mmemiliki MAPE yang lebih kecil yaitu 7.950093 < 8.056626. Kata Kunci : ARIMAX, Forcesting, Penumpang Kereta Api, VARIMAX

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Call Number: 015/Statisti/X/2020
Subjects: L Education > Statistics
Divisions: Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Statistics
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/4333

Actions (login required)

View Item View Item