PENGARUH PEMBELAJARAN EKG DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL (VIDEO) TERHADAP PENGETAHUAN MENGINTERPRETASIKAN EKG PADA MAHASISWA S1 KEPERAWATAN UNIMUS

Pamungkas, Mujiyono Aji, G2A218006 (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN EKG DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL (VIDEO) TERHADAP PENGETAHUAN MENGINTERPRETASIKAN EKG PADA MAHASISWA S1 KEPERAWATAN UNIMUS. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Semarang" not defined].

[img]
Preview
Text
Cover Depan.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (131kB) | Preview
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB) | Preview

Abstract

Kemampuan menginterpretasikan EKG merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang perawat salah satunya bagi mahasiswa keperawatan yang akan melaksanakan praktik lapangan dirumah sakit, sehingga perlu suatu inovasi pembelajaran seperti penggunaan media audio visual (video) didalam meningkatkan pengetahuan dalam menginterpretasikan EKG selain melalui pembelajaran formal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran EKG dengan media audio visual (video) terhadap pengetahuan menginterpretasikan EKG pada mahasiswa S1 Keperawatan UNIMUS. Desain penelitian ini menggunakan Quasy Experiment dengan rancangan pre test dan post test desain using control group. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 14 Januari 2020. Teknik sampling menggunakan incidental sampling pada 16 kelompok kontrol dan 16 kelompok perlakuan. Hasil uji statistik dengan Mann-Whitney didapatkan nilai P Value 0,000 (P Value < 0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran dengan media audio visual (video) dapat meningkatkan score pengetahuan mahasiswa S1 Keperawatan UNIMUS dalam menginterpretasikan hasil EKG. Kata Kunci : Pembelajaran, Menginterpretasikan EKG, Media Audio Visual (Video)

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Contributors Thesis: Ns. Chanif., S.Kep. MNS,
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Nursing and Health > S1 Nursing
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/4516

Actions (login required)

View Item View Item