GAMBARAN PERILAKU CARING DENGAN TEORI KARATIF JEAN WATSON PADA MAHASISWA PENDIDIKAN PROFESI NERS DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG

Farhani, Tria Hani, G2A218024 (2020) GAMBARAN PERILAKU CARING DENGAN TEORI KARATIF JEAN WATSON PADA MAHASISWA PENDIDIKAN PROFESI NERS DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang.

[img]
Preview
Text
1. cover luar.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. abstrak.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (395kB) | Preview
[img] Text
8. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (357kB) | Preview

Abstract

Latar belakang : Caring merupakan salah satu kompetensi soft skills yang harus dimiliki perawat karena mampu membantu dalam proses penyembuhan pasien dengan pemberian asuhan keperawatan melibatkan segala aspek untuk kenyamanan perawatan pasien serta memanfaatkan lingkungan yang memadai bagi perawatan pasien. Banyaknya teoritist yang mengemukakan caring salah satunya Jean Watsonn yang memiliki teori pertama yang mengemukkan 10 faktor karatif. Teori caring tersebut merupakan teori yang menggambarkan semua aspek keperawatan. Penerapan perilaku caring tidak hanya bagi perawat yang sudah bekerja tetapi juga harus dimiliki mahasiswa. Oleh karena itu, mahasiswa pendidikan profesi ners Unimus 2019/2020 pada bulan Februari 2020 yang sedang praktek di3 rumah sakit di Semarang dijadikan responden dalam penelitian ini. Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan menggambarkan penerapan perilaku caring dengan 10 teori karatif Jean Watson yang digambarkan dalam 5 sub komponen caring. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif. Data di analisisdari hasil kuesioner berisi 42 pertanyaan penerapan perilaku caring yang dinilai oleh pembimbing klinik di rumah sakit. Hasil Penelitian: hasil penelitian menunjukkan gambaran penerapan perilaku caring dengan 10 teori karatif Jean Watson yang digambarkan dalam 5 subkomponen CBI yang telah diterapkan mahasiswa ners bernilai paling baik pada subkomponen pengetahuan dan kemampuan professional profesi ( professional knowledge and skill) serta dalam mebina hubungan yang positif (positive connectedness). Uji normalitas bernilai 0,002 (p<0,05) dalam kategori tidak normal Simpulan: Gambaran penerapan perilaku caring dengan teori karatif menurut Jean Watson bernilai caring kurang pada mahasiswa pendidikan profesi ners Unimus 2019/2020, namun mahasiswa unggul dalam pengetahuan dan kemampuan professional serta mampu membina hubungan yang positif. Kata kunci : Caring, Teori Karatif, Mahasiswa pendidikan profesi Unimus

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors Thesis: Ns. Tri Nurhidayati., S.Kep., M.Med.Ed
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Nursing and Health > S1 Nursing
Depositing User: perpus unimus
Date Deposited: 16 Jul 2021 02:32
Last Modified: 16 Jul 2021 02:32
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/4659

Actions (login required)

View Item View Item