PENGEMBANGAN POLY SCHOOL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA PESERTA DIDIK SMA KELAS XI MATERI POLINOMIAL

Dewi, Rennita Ayu Sukma Asmara, B2B016014 (2021) PENGEMBANGAN POLY SCHOOL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA PESERTA DIDIK SMA KELAS XI MATERI POLINOMIAL. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Muhammadiyah University, Semarang" not defined].

[img]
Preview
Text
1. Halaman Sampul.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan Kelulusan.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Persetujuan Pembimbing.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak.pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB I Rennita.pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II Rennita.pdf

Download (979kB) | Preview
[img] Text
15. BAB III Rennita.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (883kB) | Request a copy
[img] Text
16. BAB IV Rennita.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
17. BAB V Rennita.pdf

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18. Daftar Pustaka.pdf

Download (748kB) | Preview
[img] Text
19. Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Pengembangan, Poly School, Media Pembelajaran Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di dalam kelas, peserta didik masih banyak yang belum memperhatikan pembelajaran yang diberikan oleh pendidik. Kebanyakan dari peserta didik tersebut lebih tertarik untuk bermain game melalui handphone. Hal tersebut diimbangi pula dengan pendidik yang masih belum mampu dalam memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran sehingga menyebabkan peserta didik merasa bosan. Oleh karena itu, perlu adanya suatu media pembelajaran yang dapat menarik siswa untuk lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran matematika.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan Poly School sebagai media pembelajaran pada Siswa SMA kelas XI. Penelitian dan pengembangan media Poly School ini menggunakan model ADDIE dengan tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan purposive sampling. Subjek pada penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 berjumlah 10 peserta didik untuk uji coba kelompok kecil dan XI IPA 4 berjumlah 36 peserta didik untuk uji coba kelompok besar. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket. Observasi dilakukan untuk mengetahui secara langsung permasalahan yang ada di sekolah, dokumentasi digunakan untuk memperoleh data diri siswa serta foto – foto saat penelitian berlangsung, wawancara digunakan untuk memperoleh informasi secara langsung dari pendidik mengenai permasalahan dalam pembelajaran, dan angket digunakan untuk memperoleh hasil validasi dan respon terkait media yang dikembangkan. Hasil validasi ahli materi diperoleh rata-rata sebesar 3,76 memenuhi kriteria sangat valid dan validasi ahli media diperoleh rata-rata sebesar 3,70 memenuhi kriteria sangat valid. Hasil respons peserta didik diperoleh rata-rata sebesar 3,57 memenuhi kriteria sangat baik dan respons pendidik diperoleh rata-rata sebesar 3,58 memenuhi kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan yang telah diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Poly School sangat valid dan sangat praktis digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Call Number: 010/P.Matematika/VI/2021
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Mathematics
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/4724

Actions (login required)

View Item View Item