MAGHFIROH, KHIKMATUL, B2B016007 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI PROGRAM LINEAR DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BAGI SISWA KELAS XI. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Muhammadiyah University, Semarang" not defined].
|
Text
1. COVER.pdf Download (471kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN KELULUSAN.pdf Download (832kB) | Preview |
|
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf Download (768kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (564kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (598kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
15. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (932kB) | Request a copy |
||
Text
16. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
Text
17. BAB V PENUTUP.pdf Download (559kB) | Preview |
|
|
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (710kB) | Preview |
|
Text
19. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
||
|
Text
20. ARTIKEL ILMIAH.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci : Pengembangan, media pembelajaran, kontekstual Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang semakin pesat, khususnya teknologi informasi telah membawa perubahan dalam bidang pendidikan. Media pembelajaran matematika yang memanfaatkan teknologi belum sepenuhnya diterapkan dalam proses pembelajaran atau sektor pendidikan di Indonesia. Berdasarkan hasil observasi diperoleh peserta didik masih kesulitan memahami materi dan minat serta motivasi belajar peserta didik yang masih kurang. Hal ini dikarenakan pendidik masih menggunakan media pembelajaran yang monoton dan belum sepenuhnya menggunakan pembelajaran berbasis teknologi yang lebih interaktif. Berdasarkan permasalahan tersebut maka diperlukan suatu pengembangan media pembelajaran yang lebih interaktif. Tujuan penelitian ini untuk menentukan kevalidan media pembelajaran monopoli program linear dengan pendekatan kontekstual dan mengetahui kepraktisan media pembelajaran monopoli program linear dengan pendekatan kontekstual melalui respon pendidik dan peserta didik sebagai pengguna media. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE dengan tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan acak (random sampling). Subjek uji coba kelompok kecil berjumlah 16 peserta didik, sedangkan uji coba kelompok besar berjumlah 36 peserta didik. Metode pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, dan angket. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar validasi dan angket respons. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran monopoli program linear valid dan dapat diuji cobakan. Kevalidan tersebut dibuktikan uji validasi ahli materi diperoleh presentase rata – rata skor 4,58 dengan kriteria valid dan uji validasi ahli media diperoleh presentase rata – rata skor 4,47 dengan kriteria valid. Hasil respons peserta didik diperoleh presentase rata – rata 3,32 dengan kriteria sangat baik dan respons pendidik diperoleh presentase rata – rata 3,74 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media pembelajaran ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran monopoli program linear dengan pendekatan kontekstual valid dan sangat praktis digunakan tidak hanya saat proses pembelajaran tetapi kapanpun dan di manapun. Adapun saran yang diberikan untuk penelitian pengembangan media selanjutnya yaitu media dapat diberi video cara menyelesaikan soal program linear agar peserta didik lebih paham, serta dapat digunakan dalam sistem operasi iOS.
Item Type: | Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) ) |
---|---|
Call Number: | 012/P.Matematika/VI/2021 |
Subjects: | L Education > Mathematics |
Divisions: | Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Mathematics Faculty of Education and Humanities > S1 Mathematics |
Depositing User: | perpus unimus |
URI: | http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/4732 |
Actions (login required)
View Item |