BEBERAPA FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN SISA MAKANAN PADA PASIEN RAWAT INAP DEWASA KELAS II DAN III RUMAH SAKIT PELITA ANUGERAH MRANGGEN

AS-SIBTIYAH, DIENA FITHRIYATI, G2B215003 (2017) BEBERAPA FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN SISA MAKANAN PADA PASIEN RAWAT INAP DEWASA KELAS II DAN III RUMAH SAKIT PELITA ANUGERAH MRANGGEN. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendahuluan : Pelayanan Gizi Rumah sakit adalah pelayanan yang diberikan dan disesuaikan dengan keadaan pasien berdasarkan klinis, status gizi dan status metabolisme tubuh. Keadaan gizi pasien sangat berpengaruh pada proses penyembuhan penyakit, Sering terjadi kondisi pasien yang semakin memburuk karena tidak tercukupinya kebutuhan zat gizi untuk perbaikan organ tubuh. Sering kali yang menjadi penyebabnya adalah tingkat konsumsi yang kurang sehingga memnyebabkan sisa pada makanan yang disajikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui beberapa faktor yang berhubungan dengan sisa makanan pada pasien rawat inap dewasa kelas II dan III Rumah Sakit Pelita Anugerah Mranggen. Metode Penelitian : Desain penelitian adalah Explanatory Research. Subjek penelitian berjumlah 70 responden yaitu pasien kelas II dan III yang termasuk dalam kriteria inklusi. Sisa makanan yang paling banyak adalah menu sayur ( 48,6%) pada sore hari dan makanan yang sering habis dikonsumsi hingga (0%) adalah lauk hewani pada siang hari.sebagian besar Responden (75,7%) menyatakan citarasa makanan dalam kategori enak, Sebagian besar (64,3%) responden menyatakan penampilan makanannya menarik, seluruh responden menyatakan distribusi makanan tepat waktu dan semua petugas pramusaji ramah, hanya 13 responden yang mengkonsumsi makanan luar rumah sakit. Hasil Penelitian : Ada hubungan cita rasa makanan terhadap sisa makanan, tidak ada hubungan penampilan makanan terhadap sisa makanan, tidak ada hubungan jadwal dan ketepatan waktu penyajian terhadap sisa makanan, tidak ada hubungan sikap petugas pramusaji terhadap sisa makanan, tidak ada hubungan makanan luar Rumah sakit terhadap sisa makanan. Kesimpulan : Citarasa makanan yang enak tidak menimbulkan sisa makanan yang banyak. Kata kunci : cita rasa makanan, penampilan makanan, jadwal dan ketepatan waktu penyajian, sikap petugas pramusaji, makanan luar Rumah sakit, sisa makanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Call Number: 007/S1.GIZI/V/2017
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > Nutrition
Divisions: Faculty of Nursing and Health > S1 Nutrition
Depositing User: perpus unimus
Date Deposited: 21 Jul 2017 07:51
Last Modified: 03 Feb 2018 02:42
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/484

Actions (login required)

View Item View Item