Pengembangan Media Pembelajaran IMAGATUR Dengan Pendekatan Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI

munadhiroh, nafis (2021) Pengembangan Media Pembelajaran IMAGATUR Dengan Pendekatan Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN KELULUSAN.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB I.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II.pdf

Download (347kB) | Preview
[img] Text
15. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text
16. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
17. BAB V.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text
19. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
21. ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (780kB) | Preview

Abstract

Munadhiroh, N. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran IMAGATUR Dengan Pendekatan Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI. Program Studi Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Semarang. Pembimbing: I. Venissa Dian Mawarsari, M.Pd., II. Eko Andy Purnomo, M.Pd. Kata Kunci: IMAGATUR, Konstruktivisme, Pemahaman Konsep Latar belakang dilakukan penelitian ini yaitu siswa masih kesulitan dalam memahami konsep materi integral tak tentu, hal ini berakibat rendahnya hasil belajar dan pemahaman konsep siswa pada materi integral tak tentu. Perkembangan teknologi yang semakin pesat belum sepenuhnya digunakan oleh guru untuk mengembangkan suatu media pembelajaran yang mampu menarik perhatian siswa dan membuat siswa senang dalam belajar matematika, sehingga dibutuhkan media pembelajaran yang membuat siswa senang dan tertarik untuk belajar matematika dengan soal yang mampu mengajak siswa untuk menemukan konsep berdasarkan pengalamannya. Berdasarkan masalah tersebut maka dibutuhkan pengembangan media pembelajaran berupa game adventure dengan pendekatan konstruktivisme. Kelebihan pendekatan konstruktivisme yaitu proses belajar didominasi oleh siswa sendiri, sehingga siswa aktif membangun pengetahuannya berdasarkan pengalaman yang dimiliki sebelumnya. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran IMAGATUR dengan pendekatan konstruktivisme dan untuk mengetahui peingkatkan pemahaman konsep siswa melalui media pembelajaran IMAGATUR. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Langkah-langkah pengembangannya yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Teknik pengambilan sample pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Subjek uji coba skala kecil berjumlah 10 siswa dan uji coba skala besar berjumlah 35 siswa. Teknik pengambilan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, validasi ahli media dan materi, respon siswa dan guru serta tes pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi oleh ahli materi memperoleh skor rata-rata 4,18 pada kriteria valid dan validasi media dengan skor rata-rata 4,5 pada kriteria sangat valid; media IMAGATUR memperoleh hasil praktis dengan rata-rata respon siswa 3,41 dan rata-rata respon guru 3,69. Selanjutnya media pembelajaran IMAGATUR dinyatakan dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas XI dengan skor N-Gain sebesar 0, 37 pada kategori sedang dan selanjutnya terdapat perbedaan rata-rata sebelum dan sesudah dengan rata-rata 66,97 menjadi 80,63. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran IMAGATUR valid, praktis dan dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Contributors:
ContributionCobtributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisormawarsari, venissa dianUNSPECIFIEDperpustakaan@unimus.ac.id
Thesis advisorpurnomo, eko andyUNSPECIFIEDperpustakaan@unimus.ac.id
Call Number: 013/P.Matematika/XI/2021
Subjects: L Education > Mathematics
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > S1 Mathematics
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/5008

Actions (login required)

View Item View Item