PENGARUH UKURAN DEWAN DIREKSI, UKURAN DEWAN KOMISARIS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN JUMLAH KARYAWAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi kasus pada Perusahaan BUMN yang terdaftar di BEI pada tahun 2010 - 2014)

NANDANI, SHELLA INDRIANA, E2B012001 (2017) PENGARUH UKURAN DEWAN DIREKSI, UKURAN DEWAN KOMISARIS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN JUMLAH KARYAWAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi kasus pada Perusahaan BUMN yang terdaftar di BEI pada tahun 2010 - 2014). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang.

[img]
Preview
Text
9. Abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
12. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
14. BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kinerja keuangan perusahaan dipengaruhi oleh beberapa fakror salah satunya adalah mekanisme corporate governance, merupakan serangkaian mekanisme, yang mana mekanisme tersebut terdiri dari struktur perusahaan, sistem dan proses yang digunakan oleh organ-organ dalam perusahaan untuk mengarahkan dan mengendalikan operasional perusahaan agar berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganlisis bukti secara empiris tentang pengaruh ukuran dewan direksi, ukuran dewan komisaris, ukuran perusahaan, dan jumlah karyawan terhadap kinerja keuangan perusahaan pada studi kasus perusahaan BUMN yang terdaftar di BEI pada tahun 2010 - 2014 secara persial maupun simultan. Dalam penelitian ini menggunakan metode statistik deskriptif, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Berdasarkan analisis dengan menggunakan program SPSS versi 20, secara persial diperoleh bahwa ukuran dewan direksi (X1) tidak berpengaruh terhdap kinerja keuangan perusahaan dengan nilai signifikasi sebesar 0,251 lebih besar dari 0,05, sedangkan ukuran dewan komisaris (X2) tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan dengan nilai signifikasi sebesar 0,966 lebih besar dari 0,05, ukuran perusahaan (X3) berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan perusahaan dengan nilai signifikasi sebesar 0,010 lebih kecil dari 0,05, dan jumlah karyawan (X4) berpengaruh negatif terhadap kinerja keuangan perusahaan dengan nilai signifikasi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Dan secara simultan variabel ukuran dewan direksi, dewan komisaris, ukuran perusahaan, dan jumlah karyawan berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan, dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05. Kata Kunci: Ukuran dewan direksi, Ukuran dewan komisaris, Ukuran perusahaan, Jumlah karyawan, Kinerja keuangan perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Economics > S1 Accounting
Depositing User: perpus unimus
Date Deposited: 30 Aug 2017 02:23
Last Modified: 30 Aug 2017 02:23
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/623

Actions (login required)

View Item View Item