PENGARUH WUDHU TERHADAP PENINGKATAN KONSENTRASI BELAJAR REMAJA

Hidayati, Eni and Zarkasyi, Fakih Anwar (2021) PENGARUH WUDHU TERHADAP PENINGKATAN KONSENTRASI BELAJAR REMAJA. repository.unimus.ac.id.

[img]
Preview
Text
korespondensi PENGARUH WUDHU TERHADAP PENINGKATAN KONSENTRASI BELAJAR REMAJA.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengaruh Wudhu Terhadap Peningkatan Konsentrasi Belajar Remaja.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
silimarity PENGARUH WUDHU TERHADAP PENINGKATAN KONSENTRASI BELAJAR REMAJA (1).pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repository.unimus.ac.id

Abstract

ABSTRAK Konsentrasi merupakan memfokuskan pikiran terhadap suatu obyek degan mengosongkan pikiran terhadap semua hal lain yang tidak berhubungan Konsentrasi dalam proses belajar adalah salah satu faktor yang sangat penting untuk megikuti suatu proses pembelajaran agar semua proses dalam pembelajaran bisa tercapai dan berhasil untuk meningkatkan konsentrasi salah satunya bisa menggunakan wudhu. Mengetahui pengaruh wudhu terhadap peningkatan konsentrasi pada remaja. Metode penelitian yang digunakan quasi eksperiment. Populasi yang akan digunakan yaitu siswa-siswi yang berjumlah 256 siswa. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling dengan jumlah 66 responden terdiri dari kelompok intervensi sebanyak 33 responden dan kelompok kontrol 33 responden. Hasil uji normalitas Shapiro-Wilk diketahui nilai signifikansi (Sig.) 0,00 > 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa nilai residual berdistribusi normal, hasil uji Paired Sampel T Test didapatkan hasil nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan ada pengaruh wudhu terhadap peningkatan konsentrasi belajat pada remaja dan hasil uji Homogenitas nilai signifikasi Based on Mean adalah sebesar 0,925 >0,05 sehingga bisa disimpulkan bahwa varian data kelas eksperimen dan kontrol adalah sama atau homogen. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh wudhu terhadap peningkatan konsentrasi belajar pada remaja di . pada kelompok intervensi mean rank pre intervensi dari angka 5,52 dan setelah intervensi menjadi 8,12. Hasil Uji Paired Sample T Test diketahui bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya ada perbedaan rata-rata tingkat konsentrasi untuk pre test dengan post test pada kelompok intervensi. apat memberikan pengetahuan dan gambaran tingkat daya ingat remaja sekolah dan menjadi sudut pandang dalam membuat kebijakan sebagai strategi coping peningkatan konsentrasi belajar pada remaja. Kata Kunci: Belajar, Konsentrasi, Wudhu

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Jabatan Fungsional > Eni Hidayati
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/6477

Actions (login required)

View Item View Item