Ananto, Budi Ari, B2B012007 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK KELAS X. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Faculty of Sains and Mathematics" not defined].
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I(ARY).pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II(ARY).pdf Download (126kB) | Preview |
|
Text
BAB III(ARY).pdf Restricted to Repository staff only Download (434kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV(ARY).pdf Restricted to Repository staff only Download (362kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V(ARY).pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA(ARY).pdf Download (23kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang dilakukan penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran serta pemahaman konsep tentang materi pertidaksamaan nilai mutlak yang masih dibawah KKM. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dengan pendekatan konstruktivisme. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dengan pendekatan konstruktivisme pada materi pertidaksamaan nilai mutlak terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa kelas X dengan kriteria (1) kemampuan pemahaman konsep mencapai KKM, (2)adanya pengaruh motivasi dan keaktifan terhadap kemampuan pemahaman konsep dan (3) adanya perbedaan rata-rata kemampuan pemahaman konsep dalam penerapan model TSTS pendekatan konstruktivisme dengan model konvensional. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen, dengan populasi seluruh siswa kelas X di MAN 1 Semarang tahun ajaran 2016/2017. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, angket, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa telah mencapai ketuntasan secara individual dengan siswa yang tuntas sebanyak 32 dari 40 siswa dan mencapai ketuntasan secara klasikal 80%. Hasil uji pengaruh menunjukan adanya pengaruh keaktifan dan motivasi terhadap kemampuan pemahaman konsep sebesar 86,7%. Hasil uji beda rata-rata menunjukan rata-rata kemampuan pemahaman konsep kelas eksperimen lebih baik dari rata-rata kelas kontrol. Sehingga kemampuan pemahaman konsep antara kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan pendekatan konstruktivisme lebih baik daripada kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Kesimpulannya pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan pendekatan konstruktivisme pada materi pertidaksamaan nilai mutlak kelas X dapat dikatakan efektif. Model ini dapat diterapkan pada materi lain untuk mengasah kemampuan pemahaman konsep. Kata Kunci: Two Stay Two Stray, pendekatan konstruktivisme, pemahaman konsep.
Item Type: | Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) ) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Mathematics Faculty of Education and Humanities > S1 Mathematics |
Depositing User: | perpus unimus |
Date Deposited: | 09 Oct 2017 07:54 |
Last Modified: | 09 Oct 2017 08:54 |
URI: | http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/666 |
Actions (login required)
View Item |