HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG OBESITAS, KERAGAMAN KONSUMSI MAKANAN SUMBER KARBOHIDRAT DAN SERAT DENGAN KEJADIAN OBESITAS SISWA SMA KESATRIAN 2 KOTA SEMARANG

ASTININGRUM, AZIZAH NUR, G0B014017 (2017) HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG OBESITAS, KERAGAMAN KONSUMSI MAKANAN SUMBER KARBOHIDRAT DAN SERAT DENGAN KEJADIAN OBESITAS SISWA SMA KESATRIAN 2 KOTA SEMARANG. Sarjana (S1/D4) thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang.

[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (431kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (426kB) | Preview

Abstract

Obesitas adalah keadaan kelebihan berat badan karena terjadi penumpukan lemak dalam tubuh. Obesitas dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit kronis seperti diabetes, tekanan darah tinggi, stroke, kanker, asam urat, dll. Kejadian obesitas berhubungan dengan berbagai faktor, antara lain genetik, psikologi, pola makan, dan aktivitas fisik. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan pengetahuan tentang obesitas, keragaman konsumsi makanan sumber karbohidrat dan serat dengan kejadian obesitas siswa SMA Kesatrian 2 Semarang. Penelitian ini adalah penelitian analitik dengan rancangan cross-sectional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA Kesatrian 2 Semarang yang jumlahnya 839 siswa. Jumlah sampel adalah 55 siswa, yang diambil dengan tehnik Systematic random sampling. Hubungan antara pengetahuan tentang obesitas, keragaman konsumsi makanan sumber karbohidrat dan sumber serat dengan kejadian obesitas dianalisis dengan uji Chi square Hasil penelitian menunjukkan rata-rata jumlah keragaman konsumsi makanan sumber karbohidrat sebanyak 10,71 ± 1,04833 dan rata-rata jumlah konsumsi sebanyak 13.07 ± 1,92310. Hasil penelitian menemukan 22 siswa (40%) menderita obesitas. Analisis statistik Chi Square menunjukkan tidak ada hubungan antara pengetahuan tentang obesitas dengan kejadian obesitas (p = 0,727), tidak ada hubungan keragaman konsumsi makanan sumber karbohidrat dengan kejadian obesitas (p= 0,642), dan tidak ada hubungan keragaman konsumsi makanan sumber serat dengan kejadian obesitas (p = 0,653). Kesimpulan : Pengetahuan tentang obesitas, keragaman konsumsi makanan sumber karbohidrat serta keragaman konsumsi makanan sumber serat tidak berhubungan dengan kejadian obesitas pada siswa SMA Kesatrian 2 Kota Semarang Kata Kunci: Pengetahuan tentang obesitas, sumber karbohidrat, serat, kejadian obesitas.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1/D4))
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Nursing and Health > D3 Nutrition
Depositing User: perpus unimus
Date Deposited: 11 Oct 2017 07:45
Last Modified: 11 Oct 2017 07:45
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/675

Actions (login required)

View Item View Item