EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) DENGAN PENDEKATAN HEURISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTADIDIK POKOK BAHASAN SISTEM KOORDINAT SISWA KELAS VIII

Prasetyowati, Dwi, I2A011005 (2017) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) DENGAN PENDEKATAN HEURISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTADIDIK POKOK BAHASAN SISTEM KOORDINAT SISWA KELAS VIII. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang.

[img]
Preview
Text
7. Abstrak.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB I.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II.pdf

Download (346kB) | Preview
[img] Text
15. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text
16. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
17. BAB V.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18. Daftar Pustaka.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah khususnya pada materi sistem koordinat. Motivasi dan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran juga masih kurang. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menerapkan suatu model pembelajaran kooperatif yang dalam proses pelaksanaannya lebih banyak melibatkan peran aktif dari peserta didik. Penelitian ini menerapkan model pembelajaran kooperatif MEA dengan pendekatan heuristik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian ketuntasan dalam kemampuan pemecahan masalah, adanya pengaruh motivasi dan keaktifan terhadap kemampuan pemecahan masalah, dan adanya perbandinganbahwa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII semester 1 SMP Negeri 1 Rembang tahun pelajaran 2015-2016 yang terdiri dari kelas VIIIA-VIII I. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik kelompok atau rumpun.Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan 29 dari 31 peserta didik mencapai ketuntasan secara individu dengan nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah yang diperoleh adalah 84 dengan kriteria ketuntasan minimum 77 peserta didik telah mencapai ketuntasan dengan prosentase sebesar 93,548%. Uji pengaruh menunjukkan bahwa motivasi memiliki pengaruh sebesar 29%, sedangkan keaktifan belajar memiliki pengaruh sebesar 56,5% serta motivasi dan keaktifan belajar memiliki pengaruh sebesar 74,9%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model kooperatif Means-Ends Analysis (MEA) dengan pendekatan heuristik efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Saran yang dapat direkomendasikan peneliti yaitu dengan adanya penelitian ini dapat menambah pengetahuan dibidang pendidikan atau dibidang lainnya. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Model Means-Ends Analysis (MEA), Pendekatan Heuristik, Pemecahan Masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > S1 Mathematics
Depositing User: perpus unimus
Date Deposited: 12 Oct 2017 07:28
Last Modified: 09 Aug 2019 08:28
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/677

Actions (login required)

View Item View Item