PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA BERVISI SETS MATERI ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT PADA TINGKAT SMA

Miftianah, Nofia Nur, B2C013001 (2017) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA BERVISI SETS MATERI ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT PADA TINGKAT SMA. Sarjana (S1/D4) thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang.

[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (281kB) | Preview
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (276kB) | Preview

Abstract

Kata kunci: Instrumen penilaian, keterampilan berpikir kritis, SETS. Instrumen penilaian yang digunakan di sekolah SMA N 09 Semarang belum berorientasi dan belum terukur pada keterampilan berpikir kritis. Siswa dipersiapkan tidak hanya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, tetapi juga menyelesaikan tantangan dan masalah-masalah yang dihadapinya dalam kehidupan sehari-hari. Pengajaran metode SETS untuk membangun keterampilan berpikir kritis dimana teknologi mempengaruhi perkembangan sains kemudian berdampak pada lingkungan dan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh instrumen penilaian keterampilan berpikir kritis siswa bervisi SETS yang memenuhi kriteria valid dan reliabel dan dapat mengukur keterampilan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini adalah Research and Development menurut Thiagarajan yang sudah dimodifikasi dengan uji skala terbatas.Prosedur pengembangan produk melalui tahap penelitian pendahuluan dan pengembangan. Pada tahap pendahuluan terbagi menjadi dua, yaitu studi lapangan dan studi literatur. Tahap pengembangan, melalui beberapa bagian, yaitu 1) Menyusun jenis instrumen 2) Pra uji coba, 3) validasi ke pakar, 4) uji coba skala terbatas. Hasil dari penelitian ini adalah jenis instrumen yang digunakan di sekolah memiliki tingkatan taksonomi kognitif C3 sampai C6 menurut taksonomi Anderson. Instrumen penilaian yang dikembangkan adalah lembar penilaian diskusi siswa, lembar penilaian diri dan antar teman, lembar penilaian praktikum siswa, dan tes esai yang berorientasi pada keterampilan berpikir kritis siswa. Instrumen penilaian dinyatakan valid dan reliabel. Keefektifan instrumen diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 72, siswa yang tuntas mencapai 76%, dan harga r sebesar 0,784. Hasil penelitian ini menunjukkan diperlukan adanya upaya lanjutan, dilihat dari perkembangan teknologi yang semakin maju dapat berkerjasama dengan orang IT (Informasi Teknologi) dibuat kedalam aplikasi android agar guru dapat mengukur keterampilan berpikir kritis siswa lebih mudah dan cepat.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1/D4))
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > S1 Mathematics
Depositing User: perpus unimus
Date Deposited: 16 Oct 2017 07:17
Last Modified: 16 Oct 2017 07:17
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/684

Actions (login required)

View Item View Item