AULIA, IRVANA RAMADHANI (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PENDEKATAN STEM MATERI SPLDV KELAS VIII. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang.
|
Text
COVER AULIA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK AULIA.pdf Download (452kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1 AULIA.pdf Download (566kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2 AULIA.pdf Download (707kB) | Preview |
|
Text
BAB 3 AULIA.pdf Restricted to Repository staff only Download (743kB) | Request a copy |
||
Text
BAB 4 AULIA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB 5 AULIA.pdf Download (498kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS AULIA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN AULIA.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
||
Text
FULL SKRIPSI AULIA IRVANA.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Ramadhani, Aulia Irvana. 2023. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Project Based Learning Pendekatan STEM Materi SPLDV Kelas VIII. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Semarang. Pembimbing I. Abdul Aziz, M.Pd., II. Eko Andy Purnomo., M.Pd. Kata Kunci: Project Based Learning, Berpikir kritis, pendekatan STEM, Kemandirian Belajar, Keaktifan Belajar Model pembelajaran ekspositori merupakan salah satu penyebab rendahnya kemampuan berpikir kritis, keaktifan dan kemandirian siswa dalam mengikuti pembelajaran. Pemilihan model dan pendekatan pembelajaran yang sesuai merupakan salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dalam model pembelajaran PjBL-STEM. PjBL- STEM terdiri dari tiga tahap yaitu reflection, research, discovery, application dan communication. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan populasi seluruh kelas VIII SMP Negeri 29 Semarang tahun pelajaran 2022/2023. Sampel penelitian yaitu kelas VIII D, VIII F, dan VIII H. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, pengamatan, angket, soal pretest dan posttest. Hasil penelitian pembelajaran PjBL-STEM dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Nilai tes pertama dan tes kedua terjadi peningkatan nilai rata rata sebesar 17,485. Pada tes kedua dan ketiga terjadi peningkatan nilai rata rata sebesar 26,424. Kemudia tes ketiga dan keempat terjadi peningkatan nilai rata rata sebesar 10,727. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dari nilai rata rata 37,9 hingga menjadi 92,8 sehingga model ini efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Selain itu rata rata keaktifan belajar siswa meningkat dari 78,3 hingga 86,3. Sedangkan rata rata dari pertemuan 1-5 yaitu 82,9 dengan kategori baik. Tahapan PjBL STEM yang sangat mempengaruhi dalam keaktifan belajar yaitu application karena presentasi dalam proses pembelajaran dapat mengembangkan keterampilan komunikasi dan keaktifan siswa. Kemandirian belajar siswa dalam model PjBL STEM dengan kategori cukup sebanyak 30%, kategori mandiri sebanyak 64% dan kategori sangat mandiri sebanyak 6%.
Item Type: | Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) ) |
---|---|
Call Number: | 013/PendidikanMatematika/VII/2023 |
Subjects: | L Education > Mathematics |
Divisions: | Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Mathematics Faculty of Education and Humanities > S1 Mathematics |
Depositing User: | perpus unimus |
URI: | http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/7092 |
Actions (login required)
View Item |