ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN SOAL MODEL PISA

Muhamad, Nur Hidayat (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN SOAL MODEL PISA. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (617kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (703kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (615kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://repository.unimus.ac.id

Abstract

ABSTRAK Hidayat.M.N. 2022. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas Vii Dalam Menyelesaikan Soal Model Pisa. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Semarang. Pembimbing I. Dwi Sulistyaningsih, S.Si., M.Pd,II. Abdul Aziz, S.Pd.,M.Pd Kata Kunci : Kemampuan Penalaran matematis, Minat Belajar, PISA. Penelitian analisis ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa di MTs. Terdapat beberapa permasalahan siswa dalam mengerjakan soal PISA khususnya literasi matematika antara lain yaitu siswa merasa belum terbiasa berlatih mengerjakan soal-soal PISA yang diakibatkan kurangnya latihan terhadap soal-soal berkarakteristik PISA pada siswa. Siswa menemui kesulitan-kesulitan, dan masing-masing siswa bisa saja menjumpai kesulitan yang berbeda-beda pula. Dan juga setiap siswa memiliki kemampuan penalaran matematis yang berbeda-beda dari yang tinggi, sedang, hingga kemampuan penalaran matematis yang rendah. Permasalahan lainnya yaitu terdapat pada minat belajar siswa. Setiap individu tentunya memiliki minat belajar yang bervariasi ada yang rendah dan tinggi, sehingga akan berpengaruh terhadap hasil yang dicapai dalam proses pembelajaran siswa. Langkah yang harus dilakukan oleh pendidik adalah dengan cara memberikan contoh soal maupun latihan soal bertipe PISA yang dikaitkan dengan kehidupan sehari hari atau kontekstual.Tujuan penelitian ini untuk menentukan seberapa besar kemampuan penalaran siswa jika ditinjau dari minat belajar saat mengerjakan soal model PISA MTs kelas 7. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan tahapan data reduction, data display, dan conclusion drawing. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah kelas uji coba dengan jumlah siswa 24 untuk uji coba lapangan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan angket, Wawancara dan dokumentasi. Insturmen dalam penelitian ini menggunakan lembar penelitian dan wawancara. Hasil yang diperoleh untuk angket minat digunakan 24 angket dari 27 angket.setelah itu di gunakan untuk mengukur seberapa besar minat belajar siswa .dan untuk mengukur kemampuan penalaran menggunkan 6 soal PISA setelah itu digunakan untuk mengukur kemampuan penalaran matematis dan minat belajar dengan banyak subjek 60 siswa dan dan didapat 9 subjek dengan kategori minat belajar tinggi 3 subjek dengan kemampuan penalaran tinggi, sedang dan rendah, 3 subjek dengan minat belajar sedang dengan ketegori penalaran tinggi, sedang, rendah dan 3 subjek dengan minat rendah dengan kategori penalaran tinggi, sedang, rendah. Dari penelitian ini di dapat kesimpulan dari penelitian tersebut yaitu minat belajar tinggi sangat berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis dan juga harus diimbangi dengan latihan soal dengan tipe yang hampir sama. Saran untuk pengajar bisa memberikan latihan-latihan soal cerita supaya siswa mampu menumbuhkan penalaran pada pemikiranya dan juga bisa menggunkan metode siswa disuruh membuat soal beserta jawaban supaya tahu alur dari pekerjaan soal dengan benar. ABSTRACT Hidayat. M.N. 2022. Analysis of Mathematical Reasoning Ability in View of the Learning Interests of Grade VII Students in Solving Pisa Model Problems. Essay. Mathematics Education Study Program. Semarang Muhammadiyah University. Supervisor I. Dwi Sulistyaningsih, S.Si., M.Pd,II. Abdul Aziz, S.Pd.,M.Pd Keywords: Mathematical Reasoning Ability, Learning Interest, PISA. The background of this analytical research is the low mathematical reasoning ability of MTs students. There are several student problems in working on PISA questions, especially mathematical literacy, including that students feel they are not used to practicing working on PISA questions due to a lack of practice on questions with PISA characteristics for students. Students encounter difficulties, and each student may encounter different difficulties. And also every student has different mathematical reasoning abilities from high, medium, to low mathematical reasoning abilities. Another problem is that there is interest in student learning. Each individual certainly has a varying interest in learning, some are low and some are high, so that it will affect the results achieved in the student learning process. The step that must be taken by educators is to provide examples of PISA-type questions and practice questions that are related to everyday life or contextual. The purpose of this study was to determine how much students' reasoning abilities were in terms of learning interest when working on PISA model questions at MTs grade 7. This research is a descriptive qualitative research with the stages of data reduction, data display, and conclusion drawing. The test subjects in this study were the trial class with 24 students for the field trial. Methods of data collection is done by questionnaires, interviews and documentation. Innsturment in this study using research sheets and interviews. The results obtained for the interest questionnaire used 24 of the 27 questionnaires. After that it was used to measure how much interest students had in learning. And to measure reasoning abilities using 6 PISA questions after that it was used to measure mathematical reasoning ability and interest in learning with many subjects 60 students and and got 9 subjects with high learning interest category 3 subjects with high, medium and low reasoning abilities, 3 subjects with moderate learning interest with high, medium, low reasoning categories and 3 subjects with low interest with high, medium, low reasoning categories. From this study, it can be concluded from this research that high learning interest greatly influences mathematical reasoning abilities and must also be balanced with practice questions of almost the same type. Suggestions for teachers can provide story problem exercises so that students are able to cultivate reasoning in their thinking and can also use the method students are asked to make questions and answers so that they know the flow of the problem work correctly.

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Call Number: 005/PendidikanMatematika/VII/2023
Subjects: L Education > Mathematics
Divisions: Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Mathematics
Faculty of Education and Humanities > S1 Mathematics
Depositing User: perpus unimus
Date Deposited: 13 Jul 2023 08:54
Last Modified: 13 Jul 2023 08:54
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/7105

Actions (login required)

View Item View Item