Digital Literacy: Implementasi Pelatihan English Speaking Performance pada Santriwati Pondok Pesantren Sahlan Rosyidi

Wijayatiningsih, Testiana Deni and Mulyadi, Dodi and Ifadah, Muhimatul and Budiastuti, Riana Eka and Aimah, Siti and Setiawan, Anjar and Maulidiya, Betta Rizqa (2023) Digital Literacy: Implementasi Pelatihan English Speaking Performance pada Santriwati Pondok Pesantren Sahlan Rosyidi. UNIMUS. (Submitted)

[img] Text
Digital Literacy. Implementasi Pelatihan English Speaking.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Digital Literacy_ Implementasi Pelatihan English Speaking Performance pada Santriwati Pondok Pesantren Sahlan Rosyidi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran dan kegiatan hidup di saat pandemi Covid-19 berproses melalui media sosial online sehingga perlu adanya melek literasi teknologi. Kegiatan tersebut juga terjadi di Pondok Pesantren Putri Sahlan Rosyidi Semarang dimana kemampuan akademik santriwati khususnya bahasa Inggris yang sangat beragam tetapi masih kurang adanya program praktik berbicara dalam bahasa Inggris yang terintegrasi dengan digital literasi. Temuan awal kemampuan berbicara Bahasa Inggris sehari-hari para santriwati memiliki rata-rata 65 yang wajib ditingkatkan lagi. Berdasarkan pernyataan tersebut, tim pengabdi kami memfokuskan pengabdian masyarakat pada mengimplementasikan dan melatih Digital Literacy melalui praktik berbicara Bahasa Inggris bagi para santriwati di Pondok Pesantren Putri Sahlan Rosyidi Semarang yang berjumlah 60 santriwati. Adapun metode pengabdian yang dilakukan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan tehnik brainstorming, diskusi kelompok, eksplanasi, praktik speaking, digital platform, dan evaluasi pemahaman digital literasi santriwati. Dari program pengabdian masyarakat tersebut dihasilkan implementasi praktik berbicara Bahasa Inggris yang berdasarkan literasi digital dengan peningkatan rata-rata berbicara Bahasa Inggris naik menjadi 81. Selain itu, para santriwati memberikan respon positif terhadap implementasi literasi digital dan praktik berbicara yang dilatihkan. Mereka juga termotivasi untuk berlatih conversation atau monologue dengan memanfaatkan teknologi digital. Kata Kunci: Digital Literacy, Speaking Performance, Santriwati

Item Type: Article
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Jabatan Fungsional > Siti Aimah
Depositing User: perpus unimus
Date Deposited: 16 Aug 2023 03:19
Last Modified: 12 Oct 2023 06:38
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/7160

Actions (login required)

View Item View Item