PENERAPAN TEKNIK ALIH BARING 300 TERHADAP KEJADIAN DEKUBITUS PADA PASIEN STROKE DENGAN HEMIPARESIS DIRUANG YUDISTIRA RSUD K.R.M.T WONGSONEGORO KOTA SEMARANG

Santoso, Wahyu Wisnu, G0A014002 (2017) PENERAPAN TEKNIK ALIH BARING 300 TERHADAP KEJADIAN DEKUBITUS PADA PASIEN STROKE DENGAN HEMIPARESIS DIRUANG YUDISTIRA RSUD K.R.M.T WONGSONEGORO KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I (PENDAHULUAN).pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II (TINJAUAN MASALAH).pdf

Download (425kB) | Preview
[img] Text
BAB III (METODELOGI).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB) | Preview

Abstract

Penyakit stroke adalah kumpulan gejala klinis berupa gangguan dalam sirkulasi darah ke bagian otak. Penyakit stroke mengakibatkan kehilangan kontrol volunter terhadap gerakan motorik seperti hemiparesis. Hemiparesis adalah kelumpuhan parsial salah satu sisi tubuh yang menimbulkan terjadinya dekubitus. Resiko terjadinya dekubitus yang dapat dicegah dengan tindakan alih baring. Tindakan alih baring merupakan pengaturan posisi yang diberikan untuk mengurangi tekanan dan gaya gesek pada kulit. Penulisan ini berupa studi kasus dengan proses keperawatan, rencana tindakan yang dilakukan adalah penerapan teknik alih baring terhadap kejadian dekubitus pada pasien stroke dengan hemiparesis. Penulis memberikan asuhan keperawatan kepada dua pasien stroke yang mengalami hemiparesis dengan tindakan alih baring. Tujuannya untuk mengetahui pengaruh teknik alih baring terhadap kejadian dekubitus pada pasien stroke dengan hemiparesis. Dalam penelitian menggunakan metode descriptive study, sample berjumlah dua pasien. Hasil dari masalah keperawatan dengan pasien stroke yang mengalami hemiparesis menunjukkan tidak terjadi luka dekubitus setelah di lakukan tindakan alih baring. Penulis menyimpulkan ada pengaruh teknik alih baring terhadap kejadian dekubitus pada pasien stroke dengan hemiparesis. Kata kunci : Alih baring, dekubitus, hemiparesis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Nursing and Health > D3 Nursing
Depositing User: perpus unimus
Date Deposited: 18 Oct 2017 03:19
Last Modified: 18 Oct 2017 03:19
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/733

Actions (login required)

View Item View Item