APLIKASI REGRESI NONPARAMETRIK DERET FOURIER PADA PEMODELAN PASANG SURUT AIR LAUT (Studi Kasus: Pasang Surut Air Laut di Kota Semarang)

ISMAWATI, B2A013008 (2017) APLIKASI REGRESI NONPARAMETRIK DERET FOURIER PADA PEMODELAN PASANG SURUT AIR LAUT (Studi Kasus: Pasang Surut Air Laut di Kota Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang.

[img]
Preview
Text
2.%20Abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Bab I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.Bab II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
5.Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
6.Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
7.Bab V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kota Semarang merupakan kota yang memiliki wilayah pesisir di bagian utara, oleh karena itu Kota Semarang sering mengalami dampak dari kenaikan permukaan lautdan diperparah dengan adanya penurunan muka tanah setiap tahunnya. Peristiwa tersebut mengakibatkan kawasan Semarang sering terjadi banjir saat air laut pasang. Banjir tersebut sering disebut banjir rob. Metode regresi nonparametrik merupakan metode yang tidak terikat asumsi bentuk kurva regresi tertentu. Metode ini mempunyai pendekatan yang dapat digunakan dalam menduga estimasi model pasang surut air laut yaitu pendekatan deret fourier. Deret fourier mempunyai pola data yang fluktuatif karena sifatnya yang periodik. Hal ini menjadikan deret fourier sebagai pendekatan yang sesuai untuk memodelkan pasang surut air laut. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu Surut terrendah terjadi pada tanggal 3 Mei 2016 dengan surut ( ) sebesar 11,45 cm per tahun. Rata-rata pasang surut air laut maksimum terjadi pada tanggal 31 Agustus 2016 dengan rata-rata ( ) sebesar 108,96 cm per tahun dan rata-rata pasang surut air laut minimum terjadi pada tanggal 2 Maret 2016 dengan rata-rata ( ) sebesar 52,42 cm per tahun. Pasang tertinggi terjadi pada tanggal 21 November 2016 dengan pasang ( ) sebesar 136.21 cm per tahun dan nilai K optimal yang didapatkan menghasilkan R2 yang cukup tinggi yaitu diatas 90% sehingga model yang didapatkan adalah model yang sederhana. Kata kunci : Regresi Nonparametrik, Deret Fourier,Pasang Surut Air Laut

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Call Number: 04/Statistik/X/2017
Subjects: L Education > Statistics
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > S1 Statistics
Depositing User: perpus unimus
Date Deposited: 20 Oct 2017 03:36
Last Modified: 19 Feb 2018 06:54
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/770

Actions (login required)

View Item View Item