HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN POLI GIGI DI PUSKESMAS PULOKULON II KABUPATEN GROBOGAN

WILADATIKA, AGGUNA, J2A013028 (2017) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN POLI GIGI DI PUSKESMAS PULOKULON II KABUPATEN GROBOGAN. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Semarang" not defined].

[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK (AGGUNA WILADATIKA - J2A013028).pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I (AGGUNA WILADATIKA - J2A013028).pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II (AGGUNA WILADATIKA -J2A013028).pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
5. BAB III (AGGUNA WILADATIKA - J2A013028).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV (AGGUNA WILADATIKA - J2A013028).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
7. BAB V (AGGUNA WILADATIKA - J2A013028).pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA (AGGUNA WILADATIKA - J2A013028).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendahuluan: pelayanan Puskesmas sebagai pusat kesehatan masyarakat seharusnya mengacu pada Peraturan NO. 63/ KEP/ M.PAN/ 7/ 2003 yaitu sepuluh prinsip pelayanan prima diantaranya adalah kesederhanaan, kepastian waktu, akurasi, keamanan, tanggung jawab, kelengkapan sarana dan prasarana, kemudahan akses, kenyamanan serta disiplin, kesopanan dan keramahan. Berdasarkan survey awal terhadap 90% pasien yang pernah berkunjung ke Puskesmas Pulokulon II Kabupaten Grobogan merasa belum puas dikarenakan pelayanan kesehatan yang belum optimal. Tujuan penelitian: mengetahui hubungan kualitas pelayanan dan kepuasan pasien poli gigi di Puskesmas Pulokulon II Kabupaten Grobogan. Metode penelitian: deskriptif analitik dengan rancangan cross sectional, populasi dalam penelitian ini adalah pasien poli gigi, sampel diambil dengan menggunakan accidental sampling, pengambilan data menggunakan kuesioner dengam 20 item pertanayaan tersruktur berdasarkan lima dimensi, bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati. Data dianalisis menggunakan uji statistik chi-square dengan nilai signifikasi 95%. Hasil penelitian: nilai signifikansi bukti fisik (p-value= 0,000), kehandalan (p-value= 0,004), daya tanggap (p-value= 0,001), jaminan (p-value=0,001),dan empati (p-value= 0,003). Simpulan: kelima dimensi mutu pelayanan menunjukkan adanya hubungan yang signifikan terhadap kepuasan pasien. Kata kunci: kualitas pelayanan, kepuasan pasien

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Call Number: 31/FKG/X/2017
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Faculty of Dentistry > S1 Dentistry
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/801

Actions (login required)

View Item View Item