EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI BILANGAN BERPANGKAT KELAS X

WIDYASTUTI, ARIE, B2B013013 (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI BILANGAN BERPANGKAT KELAS X. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (567kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (812kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (546kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang ada dalam penelitian ini yaitu siswa tidak dapat memahami konsep bilangan berpangkat, rumus-rumus untuk menyelesaikan soal-soal pada operasi bilangan berpangkat. Selain itu motivasi dan kedisiplinan siswa dalam pembelajaran rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Number Head Together dengan pendekatan Open Ended. Tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui bahwa penerapan model pembelajaran Number Head Together dengan pendekatan Open Ended efektif dengan kriteria: kemampuan pemahaman konsep dapat mencapai ketuntasan, adanya pengaruh motivasi dan kedisiplinan terhadap kemampuan pemahaman konsep, serta adanya perbedaan kemampuan pemahaman konsep siswa yang menggunakan model Number Head Together dengan pendekatan Open Ended dengan model pembelajaran ekspositori. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan populasi seluruh siswa kelas X pada SMK Yatpi Godong tahun ajaran 2017/2018 dengan sampel kelas X TB 1, X TB 2, X TB 3. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, observasi, angket, dan tes evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang mencapai ketuntasan secara individual yaitu 35 siswa dari 38 siswa dari kriteria ketuntasan individual sebesar 77 dan ketuntasan secara klasikal sebesar 92,10% dari kriteria ketuntasan klasikal sebesar 80% . Selain itu hasil uji pengaruh menunjukan adanya pengaruh motivasi dan kedisiplinan siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep sebesar 82%. Hasil uji beda juga menunjukan bahwa terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Number Head Together dengan pendekatan Open Ended dan kelas yang menggunakan model pembelajaran ekspositori. Rata-rata kelas eksperimen adalah 87,68 sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 72,70. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Number Head Together dengan pendekatan Open Ended terhadap kemampuan pemahaman konsep pada materi bilangan berpangkat efektif. Model ini dapat diterapkan pada materi bilangan berpangkat atau materi lain untuk mengasah kemampuan pemahaman konsep siswa. Kata Kunci: Number Head Together, Open Ended, Pemahaman konsep.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Call Number: 14/Matematika/X/2017
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > S1 Mathematics
Depositing User: perpus unimus
Date Deposited: 17 Jan 2018 07:40
Last Modified: 19 Feb 2018 04:22
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/1398

Actions (login required)

View Item View Item