KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION PENDEKATANJOYFUL LEARNINGTERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS KELAS VIII

ANDRIANI, NIKE, B2B013017b (2017) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION PENDEKATANJOYFUL LEARNINGTERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS KELAS VIII. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Semarang" not defined].

[img]
Preview
Text
Abstrak dan abstract.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1 BAB I.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 BAB II.pdf

Download (766kB) | Preview
[img] Text
3 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (864kB) | Request a copy
[img] Text
4 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (656kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
5 BAB V.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 Daftar Pustaka.pdf

Download (555kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan penalaran matematis peserta didik yang ditandai dengan peserta didik kesulitan dalam menyelesaikan soal penerapan untuk mengubah permasalahan kontekstual ke dalam bentuk matematika.Selain itu keaktifan dan minat dalam pembelajaran juga masih rendah.Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Pendekatan Joyful Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Cooperative Integrated Reading and Composition Pendekatan Joyful Learningefektif terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik dengan kriteria sebagai berikut: dapat mencapai ketuntasan, mengetahui pengaruh keaktifan dan minat terhadap kemampuan penalaran matematis, serta dapat mengetahui perbedaan kemampuan penalaran peserta didik yang menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition Pendekatan Joyful Learningdibandingkan model pembelajaran Ekspositori. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan populasi seluruh peserta didik kelas VIII pada SMP Muhammadiyah 3 Semarang tahun ajaran 2017/2018.Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling.Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, observasi, angket, dan tes evaluasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 28 dari 30 peserta didik mencapai ketuntasan secara individu dan ketuntasan secara klasikal sebesar 93,33%. Selain itu hasil uji pengaruh menunjukan adanya pengaruh keaktifan dan minat peserta didik terhadap kemampuan penalaran matematis sebesar 88,6%. Hasil uji beda juga menunjukan bahwa terdapat perbedaan rata-rata kemampuan penalaran matematis peserta didik antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Pendekatan Joyful Learning dan kelas yang menggunakan model pembelajaran Ekspositori. Rata-rata kelas eksperimen adalah 82,00 sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 78,73. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition Pendekatan Joyful Learningterhadap kemampuan penalaran matematis pada materi teorema pythagoras efektif. Model ini dapat diterapkan pada materi teorema pythagoras atau materi lain untuk mengasah kemampuan penalaran matematis peserta didik. Kata Kunci: Cooperative Integrated Reading and Composition, Joyful Learning, penalaran matematis.

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Call Number: 10/MATEMATIKA/X/2017
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Mathematics
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/1445

Actions (login required)

View Item View Item