PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONUNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI SEGI EMPAT KELAS VII

Jati, Teguh Prastyo, I2A.010.021 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONUNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI SEGI EMPAT KELAS VII. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (701kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (716kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (855kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (415kB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Student Team Achievement Division, Matematika, Prestasi Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 10 Semarang tahun ajaran 2016/2017 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division pada materi segiempat dalam pelajaran matematika. Pembelajaraan kooperatif tipe STAD ini merupakan salah satu tipe kooperatif yang lebih menekankan pada adanya aktivitas dan interaksi diantara siswa, dimana siswa saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai prestasi yang maksimal. Pembelajaran ini sangat tepat diterapkan dalam mengatasi permasalahan di atas karena dapat meningkatkan kerja sama antar siswa, membentuk hubungan positif, mengembangkan rasa percaya diri, serta meningkatkan kemampuan akademik melalui aktivitas kelompok. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 2 siklus melalui tahap perencanaan,pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh rata-rata nilai prestasi belajar sebesar 67,08; daya serap (DS) sebesar 67,08%; ketuntasan belajar (KB) 58,33%. dan keterlaksanaan pembelajaran (KP) sebesar 75%. Dalam hasil tersebut diketahui bahwa pembelajaran pada siklus I belum optimal sehingga dilanjutkan dengan siklus II. Pada siklus II diperolehrata-rata nilai prestasi belajar siswa sebesar 73,19; daya serap (DS) sebesar 73,19%; ketuntasan belajar (KB) 86,11%. dan keterlaksanaan pembelajaran (KP) sebesar 87,50%. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII pada materi segiempat dengan ditunjukkan persentase peningkatan rata-rata nilai prestasi belajar sebesar 10,13, daya serap (DS) sebesar 10,13%; ketuntasan belajar (KB) 22,23%..

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Call Number: 06/MATEMATIKA/X/2017
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > S1 Mathematics
Depositing User: perpus unimus
Date Deposited: 23 Jan 2018 02:20
Last Modified: 09 Feb 2018 04:29
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/1453

Actions (login required)

View Item View Item