KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VIII MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL

FARADILA, WIDIA BILQIS, B2B013016 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VIII MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL. Sarjana (S1/D4) thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (595kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (853kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (726kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (551kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ada di sekolah yaitu siswa belum dapat mengaitkan konsep yang ada pada materi aljabar terhadap materi sistem SPLDV, siswa belum mampu mengubah suatu bentuk representasi matematis ke bentuk representasi matematis lainnya, siswa belum mampu menghubungkan materi matematika dengan masalah kehidupan sehari-hari. Selain itu keaktifan dan disiplin siswa dalam proses pembelajaran juga masih rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipeInside Outside Circledengan pendekatan Open Ended. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasan siswa terhadap koneksi matematis, untuk mengetahui pengaruh keaktifan dan kedisiplinan siswa terhadap koneksi matematis dan untuk mengetahui beda rata-rata kelas kontrol dan kelas eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan populasi seluruh siswa kelas VIII Mts Hidayatussibyan tahun ajaran 2017/2018. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh karena sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, observasi, angket, dan tes evaluasi. Metode hipotesis menggunakan uji ketuntasan, uji pengaruh dan uji beda. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa mencapai rata-rata 79,33 dan sudah melebihi nilai KKM yang ditentukan yaitu 75. Siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 26 dari 30 siswa atau sebesar 80%. Selain itu hasil uji pengaruh menunjukan adanya pengaruh keaktifan dan kedisiplinansiswa terhadap kemampuan koneksi matematis sebesar 89%. Hasil uji beda juga menunjukan bahwa terdapat perbedaan rata-rata kemampuan koneksi matematis siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Inside Outside Circledengan pendekatan Open Endeddengan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Rata-rata kelas eksperimen adalah 79,77 sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 71,59. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Inside Outside Circle dengan pendekatan Open Endedterhadap kemampuan koneksi matematis pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel efektif. Model ini dapat diterapkan pada materiSistem Persamaan Linier Dua Variabel atau materi lain untuk mengasah kemampuan koneksi matematis siswa. Kata Kunci: Inside Outside Circle, Open Ended, koneksi matematis.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1/D4))
Call Number: 04/MATEMATIKA/X/2017
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > S1 Mathematics
Depositing User: perpus unimus
Date Deposited: 23 Jan 2018 03:04
Last Modified: 08 Feb 2018 06:42
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/1456

Actions (login required)

View Item View Item