ANALISIS SISTEM ANTRIAN MODEL MULTI PHASE-MULTI CHANNEL PADA SENTRA PELAYANAN KIOS 3 IN 1 BBPLK SEMARANG

RAHAYU, UJIATI SUCI, B2A 016 039 (2017) ANALISIS SISTEM ANTRIAN MODEL MULTI PHASE-MULTI CHANNEL PADA SENTRA PELAYANAN KIOS 3 IN 1 BBPLK SEMARANG. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Semarang" not defined].

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (605kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (634kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (761kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (515kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Proses antrian adalah suatu proses berhubungan dengan kedatangan seorang pelanggan pada suatu fasilitas pelayanan, kemudian menunggu dalam suatu barisan (antrian) apabila semua pelayanannya sibuk, dan akhirnya meninggalkan fasilitas tersebut setelah memperoleh pelayanan. Proses antrian bisa terjadi dimana saja termasuk di BBPLK Semarang, jenis pelayanannya adalah pendaftaran peserta, uji kompetensi, penempatan, pengambilan hak peserta dan sertifikat. Oleh karena itu diperlukan kajian tentang sistem antrian untuk mengoptimalkan pelayanan kepada pelanggan. Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui analisis statistika deskriptif, membuat antrian agar pelayanan lebih efektif dan efisien serta menginterpretasi model antrian tersebut. Penelitian dalam skripsi ini diawali dengan membuat desain sistem antrian Kios 3 in 1 BBPLK Semarang. Kemudian, dilakukan pengambilan data pada tiap loket berupa banyak kedatangan dan keberangkatan tiap 15 menit. Data yang didapat tersebut kemudian diuji untuk mengetahui apakah data tersebut terdistribusi poisson atau tidak. Setelah diketahui data terdistribusi poisson, dilanjutkan dengan menentukan model antrian pada tiap phase dan menentukan laju kedatangan dan keberangkatan tiap loket pelayanan. Langkah selanjutnya adalah melakukan analisis ukuran performa dari tiap phase yaitu berupa rata-rata banyaknya pelanggan dalam sistem, rata-rata banyaknya pelanggan dalam antrian, rata-rata lama pelanggan dalam sistem, dan rata-rata lama pelanggan dalam antrian. Kata Kunci : sistem antrian, model multi phase-multi channel, poisson, eksponensial,

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Call Number: 13/Statistik/X/2017
Subjects: L Education > Statistics
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > S1 Statistics
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/1475

Actions (login required)

View Item View Item