HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN PERILAKU CARA MENYIKAT GIGI DENGAN KARIES PADA GIGI MOLAR PERTAMA PERMANEN ANAK KELAS 3 DAN 4 DI SD NEGERI PALEBON 3 KOTA SEMARANG

Dianzyah, Muhamad Taufik Noor, J2A014017 (2018) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN PERILAKU CARA MENYIKAT GIGI DENGAN KARIES PADA GIGI MOLAR PERTAMA PERMANEN ANAK KELAS 3 DAN 4 DI SD NEGERI PALEBON 3 KOTA SEMARANG. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Semarang" not defined].

[img]
Preview
Text
9. ABSTRAK dan ABSTRACT.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB I.pdf

Download (800kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB II.pdf

Download (621kB) | Preview
[img] Text
12. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
14. BAB V.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (541kB) | Preview

Abstract

Pendahuluan: Sekitar 80% penduduk Indonesia mengalami karies, tingginya prevalensi tersebut termasuk diderita oleh anak-anak. Anak usia 6 tahun dapat mengalami karies karena pada usia tersebut gigi molar pertama permanen sudah mulai erupsi sehingga lebih rentan terkena karies. Gigi molar pertama permanen merupakan kunci oklusi dari gigi geligi. Pengetahuan dan perilaku adalah faktor penting dalam pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut. Pengetahuan kesehatan gigi dan mulut perlu diajarkan sejak dini untuk melatih dalam pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut. Mayoritas perilaku anak sudah menyikat gigi dua kali sehari tetapi waktu dan caranya yang belum tepat. Tujuan Penelitian: Menjelaskan hubungan tingkat pengetahuan dan perilaku cara menyikat gigi dengan karies pada gigi molar pertama permanen anak kelas 3 dan 4 di SD Negeri Palebon 3 Kota Semarang. Metode Penelitian: Observasional analitik menggunakan desain cross sectional. Teknik sampling dengan total sampling didapatkan 122 anak yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner tingkat pengetahuan dan perilaku serta pemeriksaan langsung pada gigi molar permanen dan dianalisis dengan korelasi chi-square dengan nilai signifikansi sebesar 95%. Hasil Penelitian: Hasil didapatkan siswa yang mengalami karies pada gigi molar sebanyak 58,2%. Tingkat pengetahuan dikategorikan cukup baik sebanyak 51,6%, dan perilaku cara menyikat gigi dikategorikan sangat baik sebanyak 66,4%. Mayoritas mengalami karies pada 1 gigi molar sebanyak 38,0% dan mayoritas mengalami karies pada elemen gigi 4.6 sebanyak 30%. Kesimpulan: Tidak terdapat adanya hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan dan perilaku cara menyikat gigi dengan kejadian karies gigi molar pertama permanen dikarenakan nilai (P > 0,05). Kata kunci: Tingkat pengetahuan, perilaku menyikat gigi, karies molar

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Call Number: 005/FKG/X/2018
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Faculty of Dentistry > S1 Dentistry
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/2107

Actions (login required)

View Item View Item