ENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOTAK-KATIK MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII

Fadhilah, Siti Rosyidatul, B2B014015 (2018) ENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOTAK-KATIK MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII. Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Semarang" not defined].

[img]
Preview
Text
6 - ABSTRAK.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 - BAB I.pdf

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 - BAB II.pdf

Download (890kB) | Preview
[img] Text
14 - BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
15 - BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
16 - BAB V.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (606kB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Kotak-katik, Media Pembelajaran Kotak-katik, Pendekatan Kontekstual, Pemahaman Konsep Matematis Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) proses pembelajaran dengan metode ekspositori sehingga motivasi dan keaktifan siswa kurang, (2) pemahaman konsep matematis siswa rendah sehingga hasil belajar siswa juga rendah. Jenis penelitian ini merupakan R&D yang bertujuan untuk mengembangkan media kotakkatik yang valid serta menerapkan media pembelajaran kotak-katik dengan model pembelajaran yang efektif. Kotak-katik ini dibuat menggunakan software macromedia flash, di dalam kotak-katik ini terdapat beberapa soal kontekstual yang harus dijawab oleh siswa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kontekstual dengan model pengembangan ADDIE. Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Kudus. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling dan diperoleh kelas VIII A, kelas VIII B dan kelas VIII D. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Hasil dari pengumpulan data dianalisis melalui beberapa uji. Analisis validasi media melalui beberapa ahli dan pengguna media, diperoleh tingkat kevalidan media yaitu 85,5% dalam kategori sangat valid dan layak digunakan. Analisis keefektifan menunjukkan rata-rata ketuntasan individual kemampuan pemahaman konsep mencapai 87,2667 lebih tinggi dari rata-rata KKM yang ditentukan yaitu 75 dan ketuntasan klasikal dengan proporsi 86,6667% lebih tinggi dari yang ditentukan yaitu 77%. Motivasi juga mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan persentase pengaruh sebesar 83,3% dan keaktifan mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sebesar 85%. Sedangkan motivasi dan keaktifan mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sebesar 89,9%. Penerapan media pembelajaran kotak-katik ini memiliki perbedaan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis antara kelas eksperimen yaitu 87,2667 lebih baik dari kelas kontrol yaitu 79,1333. Berdasarkan hasil tersebut maka pengembangan media kotak-katik melalui pendekatan kontekstual terhadap pemahaman konsep matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar valid dan efektif, sehingga dapat digunakan sebagai variasi dan inovasi baru dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana / Sarjana Terapan (S1/D4) )
Call Number: 004/Matematika/X/2018
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Agricultural Science and Technology > S1 Mathematics
Faculty of Education and Humanities > S1 Mathematics
Depositing User: perpus unimus
URI: http://repository.unimus.ac.id/id/eprint/2144

Actions (login required)

View Item View Item